5 Perubahan yang Terjadi di Trimester Ketiga Kehamilan

Endah Wijayanti27 Nov 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 18:15 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan bagi seorang perempuan. Kehamilan biasanya berlangsung selama 280 hari dan dalam kurun waktu tersebut ada banyak perubahan yang terjadi dan di alami. Saat memasuki trimester ketiga kehamilan atau masa hamil tua, sejumlah perubahan tak biasa pun akan muncul.

Mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi di trimester ketiga kehamilan bisa membantu kita lebih waspada dan bisa lebih siap menyambut kelahiran. Berikut ini lima perubahan yang paling sering terjadi ketika memasuki masa hamil tua. Selengkapnya, simak uraian yang dirangkum dari buku Prenatal Gentle Yoga di bawah ini.

1. Terjadi Pembengkakan dan Rasa Tak Nyaman

Pergelangan tangan, pergelangan kaki, atau di tangan dan kaki mengalami pembengkakan. Selain itu, terkadang ada perasaan tak nyaman di sekitar panggul bawah. Penyebabnya bisa jadi karena adanya kemungkinan ketidakseimbangan antara rahim, panggul, dan otot penyangga.

2. Napas Menjadi Pendek dan Peregangan Ligamen

Napas menjadi semakin pendek ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Hal ini terjadi karena paru-paru semakin terdesak oleh pertumbuhan bayi di rahim. Serta, adanya peregangan ligamen yang semakin besar, khususnya di area sekitar panggul ketika ibu sudah memasuki masa hamil tua.

 

 

3. Rasa Pegal Meningkat

Nutrisi Ibu Hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Makin sering merasa pegal di punggung dan pinggang. Hal ini terjadi karena otot dan ligamen semakin melar. Bagian bawah tubuh seperti pantat, pinggang, dan vagina juga terasa makin tertekan.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Peningkatan frekuensi buang air kecil terjadi di trimester ketiga kehamilan. Selain itu, ibu akan sering mengalami sensasi perih dan panas di dada (heartburn).

5. Kontraksi Mulai Terasa

Selan payudara yang semakin berkembang dan beberapa perubahan tak nyaman di tubuh, kontraksi juga mulai terasa. Senantiasa perhatikan kalender dan jadwal hari perkiraan lahir untuk bisa lebih siap menyambut persalinan dengan lebih nyaman.

Kalau mengalami gejala tak biasa atau keluhan berat, segera konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapat arahan dan penanganan yang lebih tepat sebab kondisi kehamilan tiap perempuan bisa berbeda satu sama lain. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela