5 Hal yang Terjadi di Tahap Perkembangan Anak Usia 6-12 Tahun

Endah Wijayanti27 Nov 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 12:15 WIB
pubertas anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Tahap perkembangan kedua terjadi saat anak berusia 6-12 tahun. Pada usia sekolah dasar ini, ada sejumlah perubahan yang terjadi dalam tumbuh kembang anak. Kalau di tahap perkembangan pertama, anak mengembangkan kemandirian fisik dan biologisnya, maka di tahap perkembangan kedua ini ada aspek lain yang berubah.

Mengutip buku The Montessori Toddler, pada tahap perkembangan kedua ini anak akan mengembangkan kemandirian mental mereka. Anak akan terdorong untuk mengetahui segalanya dan mengeksplorasi alasan di balik berbagai hal. Selengkapnya, berikut ini rangkuman tentang hal-hal yang terjadi di tahap perkembangan anak usia sekolah dasar.

1. Tidak Lagi Sekadar Menyerap Informasi

Di usia sekolah dasar, anak tidak akan sekadar menyerap informasi. Mereka mempunya rasa penasaran dan ingin tahu yang lebih besar. Mereka pun makin suka mengeksplorasi alasan di balik berbagai hal.

2. Mengembangkan Kesadaran Moral

Anak-anak mulai mengembangkan pemikiran mandiri tentang dunia di sekeliling mereka. Mereka makin mengembangkan kesadaran moral. Mereka mulai lebih peka membedakan mana yang salah dan benar atau mana yang adil dan tidak. Dengan kata lain, mereka mulai mengeksplorasi area abu-abu.

 

 

3. Mengeksplorasi Dunia dengan Imajinasi

cinta ibu dan anak kebutuhan khusus
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/sutadwatthanakul

Anak-anak mulai memiliki kemampuan memahami sejarah dan memproyeksikan ide ke masa depan. Mereka mulai aktif mengeksplorasi dunia dengan imajinasi mereka. Anak-anak juga makin suka bekerja dalam kelompok karena mereka sudah memasuki usia kolaboratif.

4. Mulai Memahami Batasan

Apabila di tahap perkembangan pertama (usia 0-6 tahun), anak sudah diarahkan soal batasan-batasan yang jelas, maka di tahap perkembangan kedua ini anak bisa lebih memahami batasan yang ada. Anak-anak bisa lebih stabil di periode ini.

5. Kemandirian Mental Lebih Baik

Jika di tahap perkembangan pertama, diibaratkan kita menanam benih maka di tahap perkembangan kedua, batangnya sudah tumbuh lebih tinggi dan kuat. Di usia sekolah dasar, kemandirian mental anak sudah lebih baik dari sebelumnya. Kemampuannya beralih dari pembelajaran konkret ke abstrak juga lebih bagus.

Itu tadi beberapa aspek penting yang perlu diketahui tentang tahap perkembangan anak usia sekolah dasar. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela