Sukses

Parenting

5 Fakta Unik Perkembangan Otak Anak yang Penting Orang Tua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Selain pertumbuhan fisik buah hati, orang tua penting tahu mengenai perkembangan otaknya. Bayi yang tumbuh sehat secara fisik saja belum cukup. Ini perlu didukung oleh perkembangannya yang mengesankan. Bagi setiap orang tua, ketika mendapati anak yang sehat secara fisik dan cerdas secara psikis, tentu hal ini sangat membahagiakan. 

Mengenai perkembangan otak anak terutama bayi, mengutip dari laman livescience.com, ada beberapa hal unik mengenai perkembangan otak ini. Fakta ini sangat penting untuk diketahui orang tua. Dengan mengerti fakta ini, orang tua diharapkan bisa mengoptimalkan perkembangan otak buah hati atau bayi. Apa saja faktanya?

Otak Bayi Berkembang Sejak dalam Kandungan

Sejak di dalam kandungan, otak bayi telah menunjukkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pola hidup yang sehat dari Mom sangat menentukan perkembangan otak janin. Lingkungan Mom selama kehamilan memiliki peranan penting terhadap perkembangan otak anak. Suasana hati Mom juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin khususnya tumbuh kembang otaknya.

Otak Anak Memiliki Daya Serap Lebih Besar dan Cepat

Sejak anak berusia 1 tahun, otaknya bisa menyerap informasi dengan daya serap yang cukup besar. Daya serap ini juga lebih cepat jika dibandingkan dengan orang usia dewasa. Inilah yang menjadi alasan kenapa usia anak-anak dikatakan sebagai usia emas. Penting bagi orang tua untuk memberikan pengetahuan, pendidikan dan informasi terbaik untuk anak-anak.

Musik Bermanfaat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Musik memiliki segudang manfaat mengesankan untuk anak terutama untuk perkembangan otaknya. Musik memiliki pengaruh cukup besar terhadap suasana hati anak. Musik bahkan bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak, kemampuan berpikir dan membentuk karakternya.

Peran Orang Tua Sangat Besar Terhadap Tumbuh Kembang Otak Anak

Orang tua berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Orang tua yang bahagia, memungkinkan anak memiliki otak yang lebih cerdas. Orang tua yang teliti, mendidik anak dengan sangat baik dan mampu berkomunikasi dengan baik, akan membantu mempercepat perkembangan otak anak. Karena pentingnya peran orang tua dalam perkembangan anak, sebaiknya jangan lalai dalam merawat dan mendidik anak. 

Stres Bisa Menghambat Perkembangan Otak Anak

Sama seperti orang dewasa, anak pun bisa merasa stres. Stres berkepanjangan yang ia alami, rentan membuat perkembangan otaknya terhambat. Stres juga berpengaruh besar terhadap karakter dan kepribadian anak ke depannya. 

Itulah sekian fakta unik mengenai perkembangan otak anak yang penting diketahui oleh orang tua. Semoga informasi ini bermanfaat. Melalui informasi ini diharapkan orang tua lebih bisa mengoptimalkan perkembangan otak anak.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading