Sukses

Parenting

5 Manfaat dan Pentingnya Melakukan USG saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi ibu hamil, memantau kondisi janin merupakan salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Selain konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan, teknologi juga sangat berperan. Mom bisa menggunakan USG untuk memantau kondisi janin di dalam kandungan.

Mungkin masih banyak Mom yang belum paham apa itu USG. Mesin ini sudah lama digunakan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi kehamilan. Alat ini menggunakan frekuensi suara khusus saat digunakan. Gelombang suara tersebut akan dapat memberikan gambaran kondisi janin. Tujuan dari USG ini adalah untuk melakukan sorotan pada janin. Hal ini akan memudahkan Mom untuk memantau perkembangan janin dari bulan ke bulan. Nah, melansir dari prenagen.com (5/12), berikut ebebrapa manfaat USG yang perlu Mom ketahui. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sebagai Konfirmasi Awal Kehamilan

Hal ini tentu penting bagi Mom terutama di awal kehamilan. Mom juga perlu memahami bahwa USG juga bisa digunakan untuk mendeteksi tumor. Oleh karena itu, USG diperlukan agar setiap gangguan kehamilan dapat dideteksi sejak dini.

2. Melohat Kondisi Kesehatan Kehamilan

Manfaat yang kedua adalah tentang bagaimana memperoleh kehamilan yang sehat. Artinya Mom bisa mengecek posisi dan kondisi plasenta. Jika plasenta menyumbat jalan lahir, maka akan mempengaruhi proses kelahiran. Dengan menggunakan USG, Mom dapat mendeteksi adanya gangguan pada plasenta.

3. Memeriksa Detak Jantung Janin

Dengan USG, Mom dapat memastikan pertumbuhan dan kesehatan janin. Artinya jika ada detak jantung, janin akan mampu bertahan hidup 95%. Detak jantung bervariasi tergantung pada usia janin, tentu saja. Detak jantung yang lemah akan mengakibatkan keguguran.

4. Mengetahui Jumlah Janin

Selanjutnya, mommy dapat menggunakan USG untuk mengetahui apakah mommy mengandung anak kembar. Dengan memanfaatkan ultrasonografi, mendeteksi dua atau lebih detak jantung dapat dilakukan.

5. Untuk Mengetahui Berat Janin

Tes USG dapat membantu Mom menghitung usia kehamilan dan berat janin. Ini sangat berguna. Manfaat USG lainnya adalah mendeteksi adanya kelainan pada janin.

Well, jangan ragu untuk melakukan USG saat kontrol kehamilan, ya Sahabat Fimela. Karena ini penting untuk mengetahui kondisi janin yang ada di dalam perut Mom. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading