Sukses

Parenting

5 Cara Tenangkan Bayi setelah Imunisasi agar Tidak Rewel

Fimela.com, Jakarta Setelah bayi diimunisasi, biasanya ada efek samping yang menyertainya. Efek samping ini bisa meliputi bayi jadi lebih rewel, mengalami gejala seperti mau flu, muncul bengkak kemerahan di bekas suntikan, dan fobia jarum suntik. Bayi akan merasa tidak nyaman setelah diimunisasi.

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, imunisasi bekerja dengan meniru cara kerja infeksi. Ini sebabnya imunisasi kadang memberi efek seolah-olah tubuh terinfeksi suatu virus. Namun, tak perlu khawatir sebab "infeksi" ini tak menyebabkan penyakit. Malah akan melatih tubuh untuk membangun kekebalan terhadap penyakit. Agar bayi tak rewel setelah diimunisasi, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

1. Ciptakan Suasana Tenang

Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk si kecil. Pastikan bayi mengenakan pakaian yang nyaman dengan sirkulasi udara yan baik. Atur suhu kamar atau suhu ruangan tidak terlalu panas dan dingin.

2. Gendong Bayi

Ibu perlu senantiasa menemani si kecil setelah selesai diimunisasi. Gendong bayi dengan pelukan yang aman dan nyaman agar bayi tidak rewel. Bisa juga dengan membawakan mainan atau barang favorit bayi untuk membantunya lebih tenang.

 

 

3. Susui Bayi

Penelitian dari Cochrane Database of Systematic Reviews menyatakan bahwa bayi yang menyusu saat disuntik cenderung lebih sedikit menangis dibandingkan bayi yang tidak menyusu. Setelah si kecil diimunisasi, ibu bisa menyusuinya. Memberi ASI atau makan setelah diimunisasi membantu meringankan rasa sakit bayi.

4. Kompres

Kalau bekas suntikan bengkak atau kemerahan, bisa coba kompres dengan kain yang direndam air dingin. Rasa sakit atau nyeri bekas suntikan bisa reda dengan cara dikompres. Bayi pun bisa lebih tenang saat nyeri di bekas suntikan reda.

5. Ajak Bermain

Anak bisa kembali tenang saat perhatiannya teralihkan dengan melakukan sesuatu yang disukainya. Mengajaknya bermain bisa bantu redakan rasa tak nyaman setelah diimunisasi. Saat perhatiannya teralihkan, rasa tidak nyaman setelah diimunisasi bisa terlupakan.

Itu tadi lima cara dan tips yang bisa dicoba untuk bantu redakan rewel atau rasa tidak nyaman pada bayi setelah diimunisasi. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading