Sukses

Parenting

5 Perubahan yang Dirasakan Tubuh di Awal Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Ketika mengalami kehamilan, sejumlah perubahan akan dirasakan oleh tubuh. Perubahan-perubahan ini terjadi untuk mengakomodasi kehamilan. Ada perubahan yang bersifat anatomis, ada juga juga perubahan yang bersifat fisiologis.

Mengutip buku 9 Bulan: Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat, ada lima perubahan yang paling terasa di awal kehamilan. Mulai dari perubahan sistem kardiovaskuler hingga perubahan sistem pencernaan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Perubahan Sistem Kardiovaskuler

Untuk mengakomodasi perkembangan janin, tubuh akan bekerja ekstra keras dan metabolisme tubuh bisa meningkat hingga 30 persen. Jantung akan memompa lebih banyak volume darah ke sirkulasi pembuluh darah. Peningkatan volume darah akan mencapai puncaknya pada saat usia kehamilan mendekati 32 minggu.

2. Perubahan Sistem Pernapasan

Selama kehamilan, konsumsi oksigen akan mengalami peningkatan hingga 20 persen. Sehingga pernapasan akan makin cepat karena tubuh harus mengirim oksigen untuk janin dan plasenta. Kadang saat tidur, ibu hamil mengalami sesak napas karena makin besarnya rahim yang mendesak otot dinding pernapasan.

3. Perubahan Sistem Urinaria

Frekuensi kencing biasanya akan meningkat di awal kehamilan. Sistem perkencingan akan meningkat hingg 50 persen saat hamil. Kandung kencing mulai terdesak oleh rahim yang membesar, dan hal ini memperkecil volume tampungan urin dalam kandung kencing.

4. Perubahan Sistem Pencernaan

Mual, muntah, dan rasa ingin meludah umumnya dialami di awal kehamilan. Perubahan sistem pencernaan terjadi karena posisi lambung yang sedikit berubah serta menurunnya produksi asam lambung. Kalau gejala makin berat, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke odkter.

5. Perubahan Alat Genital dan Payudara

Organ-organ yang paling erat hubungannya dengan proses kehamilan seperti rahim, vagina, leher rahim, dan payudara akan mengalami perubahan. Vagina dan leher rahim akan meningkatkan sekresinya atau produksi cairannya akibat stimulasi peningkatan hormon. Payudara pun akan terasa lebih padat dan membesar. Biasanya dari puting susu akan keluar cairan yang disebut kolustrum apabila dipijat perlahan.

Itu tadi lima perubahan awal yang umumnya terjadi di masa kehamilan. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading