Sukses

Parenting

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendampingi Si Kecil Bermain dengan Gadget

Fimela.com, Jakarta Saat anak-anak menggunakan gadget dan bermain internet, pernah nggak sih merasa cemas jika mereka mengakses konten yang nggak sesuai usianya? Hal ini sebenarnya wajar, tapi jangan jadinya malah melarang anak berkenalan dengan dunia digital, lho. 

Biar bagaimanapun juga, ada banyak ilmu, pengetahuan, hingga hal kreatif yang bisa digali anak-anak saat bermain gadget. Saat mendampingi si kecil kesayangan berkenalan dengan gadget dan dunia digital, yuk perhatikan beberapa hal ini, Sahabat Fimela! 

Buat Jadwal Pemakaian Gadget

Sebelum mengenalkan gadget kepada anak, ada beberapa strategi yang perlu diterapkan orang tua agar buah hati kesayangan nggak kecanduan. Salah satunya adalah membuat jadwal bersama kapan anak bisa menggunakan gadget dan berapa lama waktunya. 

Ciptakan aturan yang disepakati bersama. Bagi anak yang sudah bersekolah, bisa menerapkan aturan penggunaan gadget hanya saat akhir pekan saja atau jika anak sudah selesai mengerjakan tugas sekolahnya. Selain itu, batasi juga waktu bermain gadget yang bisa diakses anak. Menurut rekomendasi American Academy of Pediatrics maupun Ikatan Dokter Anak Indonesia, 2 jam menjadi waktu yang normal untuk anak-anak. Semakin lama penggunaannya, bisa berisiko membuat anak jadi kecanduan dan mengurangi tingkat fokusnya.

Tentukan Konten yang Bisa Diakses dengan Bantuan Fitur Smartphone

Strategi lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah pemilihan konten untuk anak. Tentunya sebagai orang tua pasti nggak ingin dong buah hati tercinta terpapar konten yang nggak sesuai dengan usianya? Inilah yang membuat peran orang tua sangat penting dalam memilih konten yang bisa diakses sang anak. 

Untungnya kini sudah banyak gadget ramah anak yang memiliki fitur Parental Control. Jadi, lebih memudahkan para orang tua saat mendampingi anak bermain gadget. Selain itu, pilih juga aplikasi yang memang cocok untuk usia anak, misalnya Youtube For Kids agar anak bisa mendapatkan video hiburan yang sesuai. 

Kenalkan Anak pada Konten yang Mengasah Kreativitas

Gadget dapat mendukung tumbuh kembang anak asalkan orang tua bisa memberikan arahan dengan bijak. Jadi, kenalkan anak pada konten-konten yang mengasah kreativitas sejak dini. Jadi, bisa belajar sambil bermain dengan seru. 

Misalnya saja, kamu bisa mengajak anak menyaksikan video DIY membuat boneka tangan dan mempraktikkannya bersama. Bisa juga mengajak anak mengenal science sejak dini lewat video kreatif yang banyak ditemukan di internet. Jadi, konten-konten yang dikonsumsi anak dapat membantu tumbuh kembang mereka. 

Selalu Jadi Teman Bermain Anak Saat Menggunakan Gadget

Saat gadget time atau waktu bermain anak dengan gadget tiba, usahakan orang tua selalu hadir di samping mereka. Selain bisa mengontrol apa saja yang mereka akses lewat gadget dalam genggamannya, hal ini juga bisa jadi proses belajar yang menyenangkan, lho. Di masa tumbuh kembangnya, pasti ada banyak hal yang menimbulkan rasa ingin tahu mereka pada dunia. Nah, orang tua bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengasah kemampuan kognitif anak sejak dini. 

Selain itu, bermain gadget bersama juga bisa meningkatkan bonding atau ikatan antara orang tua dan anak. Kebersamaan yang seru dan menyenangkan tentunya bisa menciptakan kesan positif dalam hati buah hati tercinta, sehingga hubungan anak dan orang tua semakin dekat. 

Supaya proses belajar dan bermain anak dengan dunia digital semakin maksimal, kebutuhan internet yang nyaman dan hassle free pastinya jadi hal utama yang perlu disiapkan oleh orang tua. Memilih paket internet yang bebas ribet jelas jadi pilihan, terlebih di tengah berbagai kesibukan sehari-hari. Untungnya, akses internet yang nyaman dan bebas ribet ini bisa dinikmati lewat paket internet yang hadir dari XL PRIORITAS, lho! 

Demi memenuhi kebutuhan para pengguna, XL PRIORITAS meluncurkan paket dengan pembayaran di awal. Hal ini merupakan inovasi yang hadir dari XL PRIORITAS seiring dengan perkembangan gaya hidup dan kebutuhan para pelanggan. Dengan kehadiran inovasi pembayaran di awal, ada berbagai keunggulan yang bisa dirasakan oleh pengguna. Mulai dari kemudahan dalam registrasi karena tidak perlu deposit dan kartu kredit sehingga hassle free, serta tersedia banyak pilihan paket pembelian yang sesuai kebutuhan. 

Kamu juga bebas pegang kendali dari paket langganan, karena bayar duluan kemudian dipakai. Selain itu, semakin lama berlangganan, semakin banyak juga diskon yang bisa dirasakan.

Menariknya lagi, langganan paket dari XL PRIORITAS juga terjangkau banget, yaitu mulai dari Rp 85 ribu untuk 1 bulan. Kalau kuota internet sudah habis, kamu masih tetap bisa internetan untuk mengakses aplikasi penting seperti WhatsApp dan lainnya. Paket ini juga cukup fleksibel karena kamu bisa membeli kuota tambahan atau booster dan bisa melakukan pembelian paket utama lainnya tanpa harus menunggu masa aktif paket berakhir. 

Cara berlangganannya juga gampang banget. Kamu tinggal mengunjungi website prioritas.xl.co.id atau datang langsung ke XL Center terdekat. Cara pembayarannya juga praktis karena ada banyak pilihan metode pembayaran seperti transfer bank, virtual account, hingga e-wallet seperti Gopay, OVO, DANA, dan lainnya.

Makin percaya kan kalau XL PRIORITAS menghadirkan paket yang nyaman dan hassle free, sehingga cocok untuk mendampingi anak bermain gadget serta untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. Buruan aktifkan paketmu sekarang! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading