Sukses

Parenting

Pantangan Ibu Melahirkan Sebelum Bayi Berusia 40 Hari, Mom Penting Tahu!

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan dan melahirkan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Selain harus menjaga kesehatan agar sebaik mungkin, Mom juga penting untuk menghindari beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa pantangan yang perlu dihindari oleh ibu yang baru saja melahirkan. 

Selain karena alasan kesehatan Mom, pantangan ini juga dilakukan demi kebaikan buah hati. Pantangan ini juga dilakukan agar Ibu melahirkan bisa pulih dengan lebih baik serta lebih cepat. Apa saja kira-kira pantangannya? Mengutip dari theasianparents.com, inilah beberapa pantangan tersebut.

Pantangan Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Mom sebaiknya menghindari beberapa pantangan berikut ini ya. Menghindarinya demi kesehatan Mom, buah hati dan keluarga terdekat di rumah. Yuk, simak baik-baik di bawah ini. 

  1. Ibu yang baru melahirkan pantang untuk berhubungan seksual sebelum buah hati berusia 40 hari. Pantangan ini karena Mom masih mengalami nifas setelah melahirkan. Mom juga belum pulih secara sempurna setelah melahirkan. Memaksa berhubungan intim sebelum 40 hari usia bayi, ini bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Ini juga bisa memperlambat masa pemulihan bagi Mom. 
  2. Hindari menggunakan tampon atau menstrual cup. Sebaiknya, Mom menggunakan pembalut karena lebih ramah dan nyaman. Terlebih lagi jika Mom melahirkan secara normal. 
  3. Makan sembarangan setelah melahirkan sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya, tetap jaga pola makan. Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung alkohol, kafein dan soda. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi. 
  4. Ibu melahirkan pantang merokok atau berada di dekat orang yang sedang merokok. Rokok memiliki efek buruk bagi kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan maupun buah hatinya. 
  5. Melahirkan memang bikin emosi Mom kurang stabil. Kelelahan dalam menjaga buah hati sering bikin emosi kurang stabil. Meski begitu, jangan menyimpan emosi sendiri. Jangan sampai mengisolasi diri dan menutup diri. Semakin Mom menutup diri, ini rentan membuat Mom depresi dan mengalami baby blues.
  6. Setelah melahirkan, umumnya akan ada saudara, kerabat atau sahabat yang datang menjenguk Mom serta buah hati. Namun pastikan agar kunjungan yang ada tidak berlebihan. Kunjungan yang terlalu berlebihan bisa membuat Mom kelelahan. Ini juga bisa membuat buah hati tidak nyaman. 
  7. Banyak Mom yang ingin segera memiliki berat badan ideal setelah melahirkan. Meski begitu, jangan melakukan diet ketat dan olahraga berat. 

Itulah sekian pantangan yang perlu dihindari oleh ibu melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita lebih bijak dalam menjalani hidup pasca melahirkan. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading