Sukses

Parenting

5 Cara Agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Fimela.com, Jakarta Orang tua mana yang tak bahagia, ketika mendapati buah hatinya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas? Bisa dipastikan bahwa setiap orang tua sangat bahagia akan hal tersebut. Kecerdasan pada bayi ditentukan oleh banyak hal. Antaranya adalah genetik, nutrisi yang dikonsumsi ibu selama mengandung pun saat bayi lahir, faktor lingkungan dan masih banyak lagi. 

Perlu kita tahu, mengutip dari laman theasianparents.com, kecerdasan bayi bisa dibentuk sejak ia berada dalam kandungan. Studi menemukan jika semakin baik Mom dalam merawat dan menjaga kehamilan, akan semakin besar potensi anak lahir cerdas dan mengesankan. Pola hidup Mom selama hamil, sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan otak janin di kandungan.

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa Mom lakukan selama hamil, agar bayi lebih cerdas.

Olahraga dan Makan Sehat

Cara pertama adalah, pastikan agar Mom melakukan olahraga dan makan makanan sehat. Studi menemukan jika olahraga ringan seperti jalan kaki, renang atau yoga selama kehamilan bisa membentuk otak cerdas pada janin. Sementara itu, asupan makanan yang berimbang, bernutrisi tinggi dan sehat, berdampak baik buat fisik pun psikis janin secara keseluruhan.

Hindari Lingkungan yang Berbahaya

Cara selanjutnya adalah hindari berada di lingkungan yang berbahaya serta tidak nyaman selama hamil. Lingkungan berbahaya contohnya adalah lingkungan dengan tingkat polusi tinggi, lingkungan yang memungkinkan adanya radiasi dari zat kimia dan lingkungan yang kumuh. Lingkungan berperangaruh besar pada kesehatan Mom maupun janin di kandungan.

Hindari Merokok dan Asap Rokok

Cara agar bayi lebih cerdas sejak di kandungan adalah hindari rokok atau asap rokok. Zat nikotin pada rokok membatasi aliran darah ke otak janin yang sedang berkembang.

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dengan kandungan asam folat. Asam folat bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi sejak ia dalam kandungan. Tak hanya disarankan dikonsumsi selama kehamilan, asam folat sebaiknya juga diksonsumsi saat merencanakan program kehamilan.

Rileks

Usahakan untuk tetap rileks selama menjalani kehamilan. Ajak buah hati di kandungan gemar membaca, mendengar musik klasik atau melakukan aktivitas yang bikin bahagia. Kebahagiaan dari Mom sangat berpengaruh besar terhadap suasana hati dan otak janin. 

Itulah sekian cara agar bayi lebih cerdas sejak dalam kandungan. Selain cara di atas, pastikan agar Mom menghindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading