Sukses

Parenting

Biar Tak Salah Menyajikan, Begini Tekstur MPASI 8 Bulan yang Tepat Buat Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kemampuan si Kecil untuk mengunyah akan naik tingkat atau sudah lebih baik dari pada sebelumnya. Jika di usia 6 bulan, si Kecil dikenalkan dengan MPASI yang bertekstur halus, maka di usia 8 bulan, tekstur MPASI-nya pun harus disesuaikan lagi dengan kemampuan mengunyahnya.

Selain itu, proses makan ini juga akan membantu si Kecil dalam membangun keterampilan motorik baru, terutama untuk mengunyah dan menelan. Keterampilan motorik ini pun perlu dilatih secara bertahap, agar buah hati lebih mudah menyesuaikannya. Lantas, seperti apa tekstur MPASI 8 bulan yang tepat untuk diberikan kepada si Kecil?

Ketahui Tekstur MPASI 8 Bulan yang Tepat

Sebagian besar bayi yang berusia 8 bulan sudah lebih mahir dalam mengunyah, walaupun jumlahnya masih terbatas. Selain itu, di usia ini si Kecil biasanya sudah menumbuhkan beberapa gigi mungilnya.

Oleh karena itu, tekstur MPASI 8 bulan yang bisa diberikan kepadanya dapat berupa makanan yang sedikit lebih padat dari bubur saring tetapi masih mudah dikunyah. Tujuan pemberian makanan dengan tekstur berbeda ini untuk meningkatkan kemampuan belajar mengunyah dan mengenali beragam tekstur makanan.

Jenis Makanan yang Dibutuhkan Bayi 8 Bulan

Adapun beberapa jenis makanan yang dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya di usia 8 bulan, antara lain keju lembut yang cocok diberikan kepada si Kecil, lantaran kaya kalsium, lemak, vitamin A, vitamin D dan vitamin B. 

Sayuran seperti wortel, labu, kentang atau ubi jalar yang dikukus empuk juga cocok diberikan kepadanya. Buah-buahan seperti pisang, pir, alpukat dan stroberi juga bisa disajikan kepada bayi usia 8 bulan, baik dengan dilembutkan terlebih dulu maupun dipotong sesuai ukuran genggaman tangannya. Baik buah maupun sayuran merupakan sumber vitamin yang baik.

Selain itu, si Kecil juga perlu makanan yang mengandung protein, seperti potongan kecil daging, ayam dan ikan tanpa tulang. Telur orak-arik dengan kentang tumbuk juga cocok diberikan kepadanya. Biar semua jenis makanan yang dibutuhkan si Kecil di usia 8 bulan tersebut dapat terpenuhi semua secara seimbang, Bunda dapat memberikannya kreasi MPASI 8 bulan seperti nasi tim daging sayur.

Menariknya, kini sudah ada Nestle CERELAC Homestyle Tim Daging Sayur, sehingga tak perlu repot-repot membuatnya sendiri. Bubur MPASI bergizi yang terinspirasi dari makanan Bunda tersebut cocok untuk si Kecil yang sedang belajar mengunyah dan naik tekstur. Bukan saja rasanya gurih dan nikmat, sajian ini tinggi zat besi dan protein, mengandung 10 vitamin dan 5 mineral, omega 3 dan 6. Selain itu, teksturnya juga pas untuk bayi usia 8 bulan.

Bunda bisa mendapatkan produk Nestle CERELAC Homestyle Tim Daging Sayur ini di minimarket, supermarket, hypermarket terdekat maupun e-commerce. Yuk, lengkapi momen MPASI si Kecil dengan dengan #SemangkukNutrisiPenuhKebaikan sekarang juga! Cek informasinya lebih lanjut di Instagram @cerelacindonesia dan www.cerelac.co.id.

References:

IDAI. 2018b. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi Dan Penyakit Metabolik IDAI, p. 18.

Carruth BR, Skinner JD. Feeding behaviors and other motor development in healthy children (2-24 months). J Am Coll Nutr. 2002 Apr;21(2):88-96. doi: 10.1080/07315724.2002.10719199. PMID: 11999548.

CDC. 2021. Tastes and Textures. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/tastes-and-textures.html. [Accessed December 2022]

USDA. 2019. Cheese, Cheddar. US Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173414/nutrients. [Accessed December 2022]WHO. ‎2000‎. Complementary Feeding: Family Foods For Breastfed Children. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/66389 [Accessed December 2022] 

AAP. 2020. Starting solid foods. American Academy of Pediatrics. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Switching-To-Solid-Foods.aspx [Accessed November 2022]

USDA. 2019. Infant nutrition and feeding. U.S. Department of Agriculture. https://wicworks.fns.usda.gov/sites/default/files/media/document/infant-feeding-guide.pdf [Accessed November 2022]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading