Sukses

Parenting

7 Tanda Anak Cerdas yang Punya IQ Tinggi, Terlihat Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu pasti senang jika anaknya memiliki otak cerdas dan bahkan IQ tinggi. Meski sebenarnya setiap anak memiliki kecerdasan dan bakat yang berbeda-beda sebagai bekal ia menjalani kehidupan, tapi pada kenyataannya label otak cerdas dan IQ tinggi masih menjadi ukuran bahwa seeorang akan sukses di masa depan.

Kecerdasan itu sendiri bukan tiba-tiba muncul saat seseorang dewasa, tapi sudah bisa dilihat ketika usianya masih balita. Menurut Mensa, sebuah komunitas orang-orang ber-IQ tinggi, ada beberapa tanda anak cerdas yang bisa dilihat sejak usia dini. Ini dia pertandanya.

1. Ingatan yang tajam

Anak cerdas umumnya memiliki ingatan yang baik tentang banyak hal, baik ingatan jangka pendek maupun jangka panjang. Anak-anak berotak cerdas menyimpan informasi baru dengan cepat, baik di sekolah maupun lingkungan sekitarnya. Memori otaknya bekerja bukan hanya pada saat melakuan hal-hal serius seperti belajar dan berkonsentrasi, tetapi juga digunakan untuk mengambil keputusan dalam aktivitas sehari-hari.

2. Sudah bisa membaca sejak kecil

Anak-anak cerdas bisa membaca di usia lebih awal ketimbang anak-anak seusianya. Rata-rata mereka sudah mampu membaca sebelum usia empat tahun, sedangkan anak-anak lain umumnya mulai mampu membaca di usia enam atau tujuh tahun. Keterampilan membaca yang bagus menunjukkan bahwa kemampuan otak kanan anak tersebut bukan hanya aktif namun sudah mampu mengenali literasi, dan itu adalah tanda kecerdasan.

3. Selalu ingin tahu

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa rasa ingin tahu yang besar menunjukkan kecerdasan otak anak sejak dini. Menurut Harvard Business Review, memiliki keingintahuan yang besar merupakan suatu indikator kesuksesan. Anak-anak yang banyak bertanya menunjukkan keinginan untuk belajar dan menambah pengetahuan. Mereka akan belajar dari apa pun dan di mana pun mereka berada karena rasa ingin tahunya membantu mengembangkan wawasan dan kecerdasannya.

4. Suka bercanda

Punya selera humor yang baik ternyata juga menunjukkan kecerdasan otak yang tinggi. Jika anak-anak suka bercanda, tahu bagaimana caranya bercanda dan bahkan memahami bahan candaan, itu pertanda kinerja otaknya lebih baik dan lebih kompleks dibanding anak seusianya. Ini menunjukkan kecerdasan karena seringkali dibutuhkan kecerdikan untuk memahami beberapa humor atau guyonan. Bukan hanya menunjukkan otak yang cerdas, orang yang suka bercanda dan punya selera humor yang bagus menunjukkan bahwa ia punya sifat easy going dan terbuka.

5. Cerewet saat ngobrol dengan orang dewasa

Anak-anak yang banyak bicara dengan orang dewasa juga menunjukkan otaknya cerdas karena anak berbakat sering memahami pembicaraan orang dewasa dengan mudah. Terkadang mereka justru kurang 'nyambung' dengan anak-anak seusianya karena otaknya berpikir lebih cepat dan melampaui apa yang umumnya dipahami anak-anak seusianya.

6. Kemampuan memahami musik

Anak-anak yang menunjukkan ketertarikan terhadap musik, entah itu suka bernyanyi, bermain instrumen atau bahkan menggubah lagu, menjadi pertanda memiliki otak cerdas karena pada umumnya anak-anak hanya suka mendengarkan musik tapi kesulitan mengikuti nada, mengenali perbedaan suara dan bahkan keterampilan memainkan alat musik. Jika anak-anak sudah mahir memainkan musik, itu tandanya ia punya otak cerdas dan berpotensi besar sukses saat dewasa.

7. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri

Ada pertanda unik yang ditunjukkan anak cerdas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menetapkan tujuan untuk dirinya sendiri. Anak-anak cerdas secara instingstual ingin melakukan lebih banyak untuk dirinya sendiri. Mereka memiliki tujuan jelas, terdorongan mempelajari keterampilan baru dan punya keinginan mengenali pelajaran-pelajaran lain yang mungkin tidak menarik bagi anak-anak seusianya.

Jadi jika semua pertanda di atas kamu temui pada anak, kemungkinan dia adalah anak cerdas.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading