Sukses

Parenting

5 Cara agar Anak Bisa Percaya Diri dan Tidak Gampang Minder

Fimela.com, Jakarta Anak yang tumbuh dengan rasa percaya diri yang baik bisa menjalani hidup dengan lebih kuat. Mereka bisa menjadi pribadi yang dapat menjalani hidup dengan lebih nyaman dan tak gampang merasa minder. Rasa percaya diri ini pun bisa dipupuk dan dibangun sejak dini.

Ada sejumlah cara yang bisa kita upayakan untuk membangun rasa percaya diri anak. Bisa dimulai dari cara-cara sederhana seperti berikut ini.

1. Membantu Anak Belajar Sesuatu

Melansir laman Kids Health, anak bisa percaya diri saat bisa menggunakan keahlian baru mereka. Rasa percaya diri mereka bisa bertambah saat orangtua memberi perhatian, membiarkan anak mencoba, memberi senyuman, dan menyatakan rasa bangga pada mereka. Sejak dini, anak bisa dibantu untuk belajar hal-hal baru. Membantu anak belajar memakai bajunya sendiri pun bisa menambah rasa percaya diri mereka.

2. Beri Pujian dengan Cara Bijak

Memuji anak bisa membuat anak merasa makin percaya diri, tapi lakukan dengan bijak. Jangan sampai berlebihan dan membuat anak malah merasa dimanjakan. Puji usaha dan upaya yang sudah dilakukan anak, bukan hanya hasilnya semata. Dari sini, anak bisa makin memahami pentingnya berusaha melakukan sesuatu sebaik mungkin.

 

 

3. Fokus pada Kelebihan Anak

Cari tahu dan coba fokus pada hal-hal yang disukai dan bisa dilakukan dengan baik oleh anak. Bantu anak mengenali kelebihan mereka. Dengan begitu, anak bisa termotivasi untuk terus mengasah kemampuan mereka dan menjadi pribadi yang makin percaya diri.

4. Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Anak bisa dilibatkan dalam pekerjaan rumah. Misalnya, mengajak anak untuk merapikan mainannya atau mengajak anak membersihkan kamarnya sendiri. Anak yang biasa dilibatkan dalam hal-hal yang biasa dikerjakan di rumah bisa menjadi pribadi yang mandiri sekaligus percaya diri.

5. Hindari Kritikan Tajam

Hal-hal yang didengar anak bisa sangat memengaruhi cara mereka memandang diri mereka sendiri. Kalau orangtua sering mengkritik dengan kata-kata buruk, anak bisa makin merasa minder. Saat anak melakukan kesalahan, coba arahkan dan beritahu hal yang perlu diperbaiki sebelum langsung memarahinya atau mengkritiknya.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk membantu anak jadi pribadi yang lebih percaya diri. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading