Sukses

Parenting

Rekomendasi Buku seputar Ibu Hamil dan Menyusui yang Wajib Dimiliki

Fimela.com, Jakarta Saat ini ilmu kesehatan kulit dan kelamin sangat luas dan terus berkembang sesuai waktu. Namun, masih banyak gaya hidup yang kurang tepat pada masyarakat serta berkembangnya berbagai mitos yang dibawa secara turun–temurun yang tidak sesuai dengan faktanya, sehingga dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada kulit dan kelamin. Alangkah baiknya apabila semua itu dapat dituangkan dalam bentuk tulisan agar siapa pun dapat membaca, mengakses informasi yang tepat, tidak terbatas ruang dan waktu, dan menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari.

Hal inilah yang melatarbelakangi dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, seorang dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang sudah mengabdi di dunia Kesehatan Kulit & Kelamin selama lebih dari 26 tahun ini tergerak untuk mengedukasi masyarakat dengan menulis dua buah buku berjudul ‘Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik’ dan ‘Kulit Terawat Anak Sehat’. Dokter yang aktif berpraktik di Klinik Utama Sakti Medika Tebet ini meluncurkan kedua buku karyanya pada acara Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat dan Cantik” yang berlangsung pada Sabtu, 14 Januari 2023 di Soehana Hall, The Energy Building SCBD Jakarta dengan menghadirkan narasumber dr. Tiwi, SpA, MARS dan Caca Tengker yang sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan anak dan parenting. 

“Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin, bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit.” ungkap dr. Tina ketika ditanya mengenai tujuannya membuat buku ini.

Proses Penulisan Buku Dimulai sejak Tahun 2020

Proses penulisan buku dimulai pada tahun 2020. Saat pandemi melanda Indonesia, dr. Tina memiliki lebih banyak waktu untuk menulis sehingga mulai mengumpulkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan beliau sebelumnya. Karena ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin sangat luas dan masalah/ gangguan yang timbul berbeda di tiap kelompok usia, dr. Tina berencana membuat buku serial yang terdiri dari 4 buah buku, yaitu buku untuk Ibu Hamil & Menyusui, Bayi & Anak, Remaja serta Dewasa. Dibantu oleh penulis pendamping, tim desain sampul dan tata letak, pengulas desain, model serta pihak–pihak yang ikut berkontribusi dalam pembuatan buku ini, dua buku pertama selesai tuntas di tahun 2022 dan diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.

“Saya mendapatkan inspirasi dari kedua orang tua saya,. Alm. Papa saya yang seorang dosen di Fakultas Sastra Indonesia dan seorang penulis, beliau juga membuat buku ajar yang digunakan di lingkungan mahasiswa di pusat pendidikan. Almh. Ibu saya adalah seorang guru, beliau juga menjadi inspirasi bahwa dengan mengajar dan menulis ilmu yang kita miliki akan semakin bertambah, begitu pun bagi yang membaca karya tulis kita. Dosen saya selama pendidikan kedokteran juga menginspirasi bagaimana menulis dengan cara dan ejaan yang benar. Mereka merupakan tauladan bagi saya dalam penulisan buku serial ini.” lanjut dr. Tina.

Buku-buku karya dr. Tina pun memiliki berbagai keunggulan yang membedakannya dengan buku sejenis di pasaran. Buku serial Kesehatan Kulit & Kelamin ini dibuat dr. Tina berdasarkan kelompok usia sehingga tiap buku dapat menjelaskan secara terperinci mengenai kondisi kulit dalam keadaan normal/ fisiologis maupun bagaimana kondisi penyakit/ patologis sesuai kelompok usia serta menyajikan kiat-kiat melakukan penanganan sehari-hari sehingga dapat mencegah sebelum timbulnya gangguan. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti, buku seri buatan dr. Tina juga mengulas mitos dan fakta seputar Kesehatan Kulit & Kelamin agar dapat memberikan wawasan secara lebih mendalam. Bagian akhir buku dilengkapi dengan lampiran kamus istilah untuk memudahkan para pembaca memahami istilah-istilah kedokteran yang digunakan. 

Tertarik untuk membeli kedua buku karya dari dr. tina? Coba cek toko buku langgananmu. Tak hanya itu buku-bukunya pun tersedia di marketplace kesayanganmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading