8 Hal yang Sering Disesali Orang Ketika Bertambah Tua

Febi Anindya Kirana17 Nov 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 17 Nov 2022, 16:45 WIB
ibu tua sehat cantik memegang bunga

Fimela.com, Jakarta Waktu memiliki konsep yang sama dengan seperti langkah kaki kita, yaitu berjalan ke depan. Tidak ada waktu yang berjalan mundur, oleh karena itu sebaiknya kita pandai memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar tidak menyesali sesuatu di hari tua. Tapi tetap saja, karena manusia memiliki banyak keinginan tapi punya kebiasaan menyia-nyiakan waktu, akan selalu ada hal-hal yang disesali dalam hidup.

Pillemer, penulis “30 Lessons for Living: Tried and True Advice from the Wisest American,” dan timnya mewawancarai 1.500 orang berusia di atas 65 tahun untuk mengetahui apa hal-hal yang sering mereka sesali dalam hidup, dan inilah jawabannya.

 

 

 

 

1. Tidak hati-hati memilih pasangan hidup

perempuan sedih
ilustrasi perempuan merenung/metamorworks/Shutterstock

Bad relationship atau hubungan cinta yang buruk adalah salah satu hal yang paling diseali banyak orang. Terkadang kita memilih untuk setia pada seseorang, namun ternyata kita disia-siakan. Hubungan cinta juga merupakan investasi seumur hidup, bila tidak tepat memilih pasangan, bisa jadi kamu sedang membuang-buang waktu untuk seseorang yang salah. Seorang janda pernah berkata bahwa "Lebih baik tidak menikah daripada menikahi orang yang salah." Jadi sebisa mungkin luangkan waktu untuk mengenali seseorang sebelum berkomitmen.

2. Menyelesaikan masalah dengan keluarga

sedih putus merenung
ilustrasi perempuan menangis/JR-50/Shutterstock

Banyak orang memiliki hubungan yang renggang bahkan tak baik dengan keluarganya, orangtua atau anak-anaknya. Ternyata banyak orang berharap bisa berusaha lebih keras untuk berdamai, meminta maaf, dan mencoba berkomunikasi sebelum terlambat. Putusnya hubungan keluarga selalu meninggalkan luka yang mendalam. Jadi selagi masih memiliki umur, selesaikan masalah dan kerenggangan yang muncul dalam keluarga.

3. Tak pernah traveling

putus cinta
ilustrasi perempuan santai/copyright by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Kata orang, setidaknya sekali dalam setahun, pergilah ke tempat yang tak pernah kamu datangi sebelumnya, maka kamu akan mengalami hari yang tak terlupakan dalam hidupmu. Traveling sangat cocok dilakukan saat kita masih muda dan kuat, karena saat itulah energi dan semangat masih berapi-api dalam diri. Ternyata banyak orang menyesal tak pernah pergi traveling atau kurang jalan-jalan semasa hidupnya. Mereka memutuskan menunda jalan-jalan karena masalah uang atau terlalu sibuk bekerja. Tapi sebenarnya tidak harus menunggu kaya untuk bisa jalan-jalan dan melihat sisi lain dunia.

4. Tidak pernah mengambil peluang karir yang lain

sedih merenung diam
ilustrasi kepribadian perempuan/atiger/Shutterstock

Ketika kita dewasa dan mendapat pekerjaan, itu adalah hal patut disyukuri. Tapi berada di zona nyaman membuatmu tak berkembang, mungkin itulah yang banyak disesali orang dalam menjalani karir. Banyak orang menyesal tak mengambil kesempatan kerja yang lebih baik atau jalur lain karena merasa terlalu nyaman dengan pekerjaan mereka saat ini. Padahal jika mau mencoba dan berani mengambil risiko, pasti akan ada pengalaman menarik di baliknya.

5. Tidak menjaga kesehatan tubuh

karakter zodiak
ilustrasi perempuan sedih/Photo by Jessica Ticozzelli from Pexels

Orang merokok, minum minuman keras, tidak olahraga, suka begadang, makan junk food dan menjadi gemuk lalu mengalami banyak penyakit. Saat itulah orang merasa menyesal tak merawat tubuhnya dengan baik karena baru menyadari bahwa kesehatan itu mahal dan berharga. Pemikiran masa muda yang mudah meremehkan sesuatu menjadi penyebabnya. Itulah mengapa penting memiliki kesadaran diri untuk menjaga kesehatan tubuh sejak usia muda.

6. Terlalu sering khawatir

perempuan dan kafe sedih
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lewistse

Banyak orang menyesal karena sudah menghabiskan waktu untuk menunda-nunda, menolak dab tidak melakukan sesuatu karena overthinking dan terlalu mengkhawatirkan banyak hal yang sebenarnya tidak pernah terjadi. Dengan kata lain, kamu mengungkung dirimu sendiri di dalam tempurung dan tak berkembang. Pada akhirnya kamu hanya akan menyesali lebih banyak hal karena tak pernah mecoba apa pun. Jadi berhentilah terlalu khawatir. Kekhawatiran menyia-nyiakan hidupmu.

7. Kurang bersyukur

overthinking bunga bimbang berpikir
ilustrasi perempuan sedih/Tatiana Diuvbanova/Shutterstock

Tidak banyak orang tahu kekuatan rasa syukur. Tidak banyak orang bisa dengan mudah memahami bagaimana cara menikmati momen ini dan merayakan kebaikan sekecil apa pun. Padahal itu mampu menciptakan ketenangan hati yang luar biasa. Bahkan hal-hal yang tampak buruk tidak selalu jelek. Banyak orang ternyata menyesal karena terlalu tamak, serakah dan kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki sehingga akhirnya merugikan dirinya sendiri.

8. Tidak serius belajar saat sekolah

serius dewasa putus cinta
ilustrasi perempuan sedih/alinabuphoto/Shutterstock

Sekolah adalah salah satu masa yang menyenangkan. Namun banyak anak menyia-nyiakan waktunya dengan terus bermain dan tidak belajar. Pada akhirnya ia menyesal ketika dewasa karena tak bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, banyak uang dan dihormati orang karena ternyata menjadi bodoh itu tidak menyenangkan, kurang mendapat kesempatan dalam banyak hal dan kurang dihargai orang lain.

Jadi sebelum menjadi terlalu tua, jangan menyia-nyiakan waktu dan kesempatan untuk melakukan apa yang sebaiknya kamu lakukan ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela