5 Penyebab Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Jarang Disadari tapi Sering Terjadi

Endah Wijayanti28 Jul 2021, 12:55 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 13:12 WIB
perempuan dan cinta bertepuk sebelah tangan

Fimela.com, Jakarta Merasa cinta bertepuk sebelah tangan atau cinta tak berbalas memang sangat menyakitkan. Ketika orang yang kita suka tak memiliki perasaan yang sama dengan kita, atau malah mengabaikan kita, jelas ada rasa sedih dan perih di hati. Bahkan tak jarang pengalaman cinta yang bertepuk sebelah tangan ini terjadi berulang kali. Hm, kira-kira kenapa ya cinta kita sering bertepuk sebelah tangan?

Unrequited love, like any love, is a complex topic. Cinta bertepuk sebelah tangan merupakan topik yang kompleks, dan ini sebenarnya sama saja dengan ragam bentuk cinta yang lain. Setiap perkara cinta memang memiliki kompleksitas dan kerumitannya masing-masing. Namun, kali ini kita akan coba bahas beberapa penyebab kenapa cinta bisa bertepuk sebelah tangan. 

1. Tak Ada Kesamaan Perasaan

Ini jelas, ya. Kamu mencintainya, tapi dia mencintaimu. Maka, terjadilah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Saat cintamu tak bersambut dan tak ada kesamaan perasaan, cinta bisa tak berbalas. Mau bagaimana lagi? Urusan hati dan perasaan seseorang tak bisa kita atur atau paksa.

2. Ada Rasa Rendah Diri dalam Dirimu

Kamu menangisi ia yang ternyata tak menyukaimu. Sebenarnya yang membuatmu paling sedih bukan karena ia tak mencintaimu, tapi karena kamu merasa dirimu tak layak untuk dicintai. Saat dirimu masih dikuasai oleh rasa rendah diri, kamu merasa butuh pengakuan dari orang lain. Kamu butuh pengakuan cinta dari orang lain dan masih menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Sehingga bisa jadi perasaan yang sebenarnya cuma sebatas kagum itu kamu salahartikan sebagai rasa suka, dan menganggapnya sebagai cinta yang bertepuk sebelah tangan.

3. Belum Berani Mengutarakan Perasaan

cara move on
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Wajar jika kita tak berani mengutarakan perasaan karena takut menghadapi penolakan. Sehingga kamu langsung merasa cintamu bertepuk sebelah tangan padahal kamu belum jujur mengutarakan dan menyatakan perasaanmu padanya. Karena ketika sudah menyatakan perasaan, dan ternyata cintamu tidak diterima, itu bukan lagi cinta bertepuk sebelah tangan, melainkan karena dia memang bukan orang yang tepat untukmu. Cinta itu perlu diakhiri lebih cepat, supaya kamu punya kesempatan untuk mendapatkan cinta yang lebih baik.

4. Ada Seseorang yang Lebih Tepat Untukmu

Dengan orang ini, cintamu tak berbalas. Daripada terus meratapi dan menangisinya, mending tetap lanjutkan hidup dengan lebih baik. Sebab ini tandanya ada seseorang yang lebih tepat untukmu. Ada seseorang yang lebih baik untukmu, cuma tinggal menunggu waktu dan kesempatan saja untuk bertemu.

5. Terlalu Berlebihan dalam Memuja

Yang membuat kita merasa cinta bertepuk sebelah tangan terasa sangat menyakitkan bisa jadi karena kita terlalu berlebihan dalam memuja. Kita terlalu mengistimewakan sosoknya dan mengimajinasikan berbagai hal tentangnya. Padahal kamu belum cukup mengenalnya. Belum benar-benar memahami sifat dan karakternya. Sehingga bayanganmu terlalu banyak dipenuhi khayalan tentangnya. Padahal yang tak kalah penting adalah tetap mencintai dan menyayangi diri dengan baik. Jangan sampai kamu kehilangan dirimu hanya karena terlalu memuja seseorang yang belum kamu kenal dengan utuh.

Yakin saja kita pasti akan menemukan cinta yang tepat. Kalaupun mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan, semoga kita bisa segera memiliki kekuatan baru untuk kembali melangkah menemukan cinta yang lebih indah.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela