5 Komponen yang Dibutuhkan untuk Membangun Hubungan yang Langgeng

Endah Wijayanti27 Agu 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 27 Agu 2021, 11:45 WIB
bridezilla dan 35 tahun

Fimela.com, Jakarta Tiap hubungan itu unik. Masing-masing pasangan punya karakternya sendiri. Banyak di antara kita yang ingin memiliki hubungan yang berlangsung hingga akhir hayat dengan pasangan yang kita pilih. Dan untuk itu, perlu ada upaya dan usaha yang dilakukan. 

Bagi yang ingin membangun hubungan yang awet, penting untuk memahami sejumlah hal penting. Ada hal-hal dan komponen yang perlu dimiliki untuk membangun hubungan yang langgeng. Seperti lima komponen paling dasar berikut ini.

1. Kejujuran

Dari awal membangun hubungan, penting untuk mengutamakan kejujuran. Kejujuran soal hubungan yang pernah dijalani sebelumnya, soal ekspektasi dalam hubungan yang ada saat ini, hingga harapan untuk masa depan yang ingin dibangun bersama. Komunikasi yang baik sangatlah penting dalam sebuah hubungan, dan kejujuran adalah komponen utama untuk mempunyai komunikasi yang baik itu.

2. Cinta yang Tulus

Cinta yang tulus jelas jadi komponen penting yang perlu dimiliki dalam sebuah hubungan. Dengan cinta yang tulus, kita bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak terus menuntut pasangan untuk berubah sesuai standar kita, atau sebaliknya. Cinta yang tulus akan menghadirkan kenyamanan, dan kenyamanan ini nantinya bisa jadi fondasi penting untuk hubungan yang bertahan lama.

3. Saling Menghargai

bridezilla dan taaruf
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vershinin89

Menjalin sebuah hubungan bukan berarti kita memiliki kendali penuh mengatur pasangan. Begitu pula pasangan kita tak bisa terus mencampuri semua urusan kita dengan cara yang egois. Penting untuk bisa saling menghargai satu sama lain. Bahkan dengan saling menghargai ini, ada kebebasan yang bisa tetap dimiliki sebab kita bisa tetap menjadi diri sendiri dengan versi yang terbaik dari waktu ke waktu saat menjalin hubungan.

4. Ruang untuk Berkembang

Misalnya, kamu dan pasanganmu punya profesi dengan bidang yang sangat berbeda. Perbedaan yang ada ini pun bukan jadi penghambat. Justru bisa jadi penambah warna-warni keseharian tersendiri. Bisa saling memberi ruang untuk berkembang dan mengembangkan potensi diri bisa jadi fondasi penting untuk membangun hubungan yang langgeng. 

5. Kerja Tim

Maksudnya adalah kamu dan pasanganmu punya kemampuan untuk menyeleraskan diri. Saat ada masalah yang perlu dicari jalan keluarnya bersama, kamu dan pasangan terbuka untuk berdiskusi dan membicarakannya. Tidak saling menyalahkan atau menyudutkan ketika ada perkara yang perlu diselesaikan bersama.

Jadi, apakah sudah ada lima komponen di atas dalam hubunganmu? Semoga bersama seseorang yang sudah kamu pilih, kamu bisa membangun hubungan yang langgeng, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela