Sukses

Relationship

5 Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan untuk Single dan Menikah

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang bisa mengatur pengeluaran bulanan, meski banyak orang yang bergaji lebih dari cukup tetapi tetap saja terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tidak mengatur anggaran pengeluaran dengan baik, tidak mencatat keuangan, banyak menghabiskan uang untuk pengeluaran yang terasa kecil dan sebagainya. Untuk mengatur pengeluaran bulanan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan apakah dirimu single, sudah menikah atau punya tanggungan. Ini tentunya perlu cara mengatur keuangan yang berbeda-beda. Melansir dari US News, Selasa (31/08/2021) berikut 5 cara mengatur pengeluaran bulanan baik bagi yang masih single atau menikah.

1. catatan keuangan

Menulis anggaran yang menunjukkan bagaimana pendapatan yang akan dibelanjakan setiap bulan tidak selalu sulit bagi banyak orang. Namun, membiasakannya bisa menjadi tantangan. Dengan membuat catatan keuangan dirimu akan tahu, uang yang selama ini digunakan untuk apa, apakah lebih banyak untuk kebutuhan primer atau yang tidak terlalu penting dan dapat membantu merencanakan keuangan dengan baik.

2. Buat anggaran bulanan

Untuk membuat anggaran bulanan, ada formula yang bisa digunakan yaitu 40 - 30 - 20 - 10, maksudnya adalah 40 persen pendapatan untuk biaya pengeluaran sehari-hari, seperti biaya tagihan bulanan hingga keperluan belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian 30 persen pendapatan untuk membayar cicilan hutang apabila memiliki hutang. Selanjut, 20 persen pendapatan untuk menabung atau investasi demi finansial yang baik di masa depan. Dan 10 persennya lagi bisa dialokasikan untuk donasi atau zakat.

Buat anggaran darurat

Dana darurat adalah dana yang dialokasikan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansial yang lain sebab banyak kejadian atau musibah yang tidak dapat diprediksi sehingga perlu memiliki dana darurat. Dana darurat ini bisa dikumpulkan dari tabungan, untuk yang masih lajang kamu perlu mengumpulkan sebesar 6 kali total pengeluaran per bulan, untuk yang sudah menikah namun belum memiliki anak perlu mengumpulkan 9 kali jumlah pengeluaran perbulan dan yang sudah menikah dan memiliki anak perlu mengumpulkan 12 kali jumlah pengeluaran per bulan.

4. Fokus pada kebutuhan

Kebutuhan tidak hanya untuk saat ini tapi juga untuk masa mendatang, seperti kesehatan. Dirimu bisa mengalokasikan tabungan yang tak terpakai untuk asuransi, ini bisa digunakan untuk berjaga-jaga saat dirimu butuh perawatan dan premi asuransi yang dibayarkan dapat melindungi aset dan mencegah kehilangan aset dan utang.

5. Kendalikan keinginan berbelanja

Setiap kali ingin belanja, ingat kembali barang yang sudah dimiliki. Pikirkan kembali setiap dirimu ingin membeli barang baru, apakah barang yang lama sudah rusak atau sesering apa dirimu memakai barang itu. Ingat juga alasan mengapa kamu ingin belanja, apakah karena benar-benar membutuhkan atau karena bosan dengan barang lama.

Itulah beberapa tips keuangan khususnya untuk mengatur pengeluaran per bulannya, baik untuk dirimu yang masih single, menikah atau punya tanggungan keluarga. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading