Peneliti Membuktikan, Kamu Sapiosexual Jika Jatuh Cinta Karena Ini

Febi Anindya Kirana31 Agu 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 31 Agu 2021, 16:45 WIB
Couple

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar istilah sapiosexual? Bisa jadi sebenarnya kamu sudah sering mengalami atau mendengar fenomenanya sendiri di lingkungan sekitarmu namun tak tahu bahwa itulah yang disebut dengan sapiosexual.

Sapiosexual merupakan istilah untuk keadaan orang yang mampu jatuh cinta atau bahkan terangsang secara seksual karena kecerdasan orang lain.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Intelligence menemukan bahwa kebanyakan orang menginginkan pasangan yang cerdas dan orang yang jatuh cinta kepada kecerdasan seseorang disebut mengalami sapiosexual.

Jatuh cinta pada kecerdasan seseorang

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Dean Drobot

Penelitian yang dilakukan tahun 2018 dengan judul Some people are attracted sexually to intelligence: A psychometric evaluation of sapiosexuality ini juga menyebutkan bahwa kecerdasan saat ini dijadikan kriteria penting untuk memilih pasangan. Penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang cerdas terlihat lebih menarik.

Gilles Gignac dari University of Western Australia dan rekan-rekannya sebagai penulis penelitian melakukan survei terhadap 383 orang dewasa mengenai ciri-ciri apa yang mereka inginkan dari pasangan romantis dan seberapa tertarik mereka pada orang-orang dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda.

Hasilnya, "Cerdas" merupakan kualitas diri yang menempati peringkat kedua sebagai sifat yang paling diinginkan oleh banyak orang dari pasangannya setelah "baik hati dan pengertian." Sifat ketiga yang paling diinginkan adalah "kepribadian yang menarik", dan "santai/easy-going" sebagai peringkat keempat.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan ya, Sahabat Fimela. Secara alami, baik laki-laki maupun perempuan memang mudah mengagumi orang yang cerdas, apalagi lawan jenisnya. Ada banyak hal mengapa cerdas dijadikan definisi lain dari kecantikan dan ketampanan.

Ketika seseorang punya otak cerdas, itu menunjukkan bahwa ia memiliki kapabilitas dalam berbagai hal sehingga membuatnya lebih unggul dibandingkan orang lainnya yang tidak cerdas.

Jadi, jangan heran jika kamu memiliki kecenderungan menyukai kecerdasan seseorang karena memang pria cerdas itu lebih menarik.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela