Menurut Penelitian, Ini Alasan Tak Usah Ragu Menerima Pinangan Pria Muda

Febi Anindya Kirana16 Sep 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 18:45 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta dan memutuskan menikah dengan pria yang usianya lebih muda terkadang menjadi pembicaraan miring bagi sebagian orang. Padahal terkadang kalau sudah jodoh, setiap orang tak bisa memilih mau menikah dengan pria seperti apa.

Meski sering memberi kesan yang miring, ternyata penelitian membuktikan bahwa menikah dengan pria lebih muda justru mampu membuat perempuan bahagia.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh Dr.Lehmiller terhadap 200 perempuan menemukan bahwa menjalin hubungan cinta dengan pria yang berusia lebih muda mampu membuat hidup lebih bahagia.

Pria muda bisa ciptakan pernikahan bahagia

pasangan menikah
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah SAGE, Psychology of Women Quarterly menyebutkan bahwa perempuan yang lebih tua sepuluh tahun dari pasangan prianya sebenarnya mengaku merasa paling puas dengan hubungan pernikahannya. Bahkan mereka diketahui merasa lebih kuat menjaga komitmen dibandingkan dengan perempun yang menikah dengan pria lebih tua atau sebaya dengannya.

Hal ini menunjukkan bahwa kebahagiaan pernikahan atau hubungan cinta sebenarnya tidak terpatok pada usia laki-laki dan perempuan. Meski belum ada penjelasan yang jelas mengenai alasan spesifik yang mampu menciptakan kebahagiaan ini, Dr.Lehmiller berspekulasi bahwa kebahagiaan itu muncul karena pihak perempuan merasa lebih dominan dalam hubungan tersebut.

Ketika perempuan merasa memiliki andil lebih banyak dalam mengatur atau mengarahkan hubungan, maka ia merasa lebih bahagia bersama pasangannya. Perempuan merasa ia memiliki kesetaraan (equality) dengan pasangannya. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dikembangkan lagi untuk mengetahui lebih luas dan mendalam. 

Jadi jika kamu merasa enggan menikah dengan pria lebih muda karena takut diomingin orang, ingatlah bahwa usia muda bisa menentukan kebahagiaan dalam hubungan cinta.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela