4 Tips Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati22 Sep 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 11:15 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Rasa cemburu itu hal yang wajar dalam suatu hubungan. Namun ketika kecemburuan itu terlalu berlebihan bisa mengancam keharmonisan hubungan. Kecemburuan muncul ketika kamu merasa takut kehilangan pasanganmu.

Tentu saja rasa cemburu ini bisa diminimalisir dengan banyak cara. Dan, berikut ini adalah 4 cara sederhana untuk berhenti terlalu cemburu kepada pasangan untuk menjaga hubungan tetap harmonis.

1. Menanamkan Kepercayaan pada Pasangan

Kepercayaan menjadi hal paling penting dalam setiap hubungan. Janganlah berpikir buruk tentang pasanganmu. Percayalah ketika dia mencintaimu dengan tulus, hanya kamu yang ada di sisinya.

2. Percayalah pada Dirimu Sendiri

Sebelum kamu berbicara dengan pasangan, analisis secara kritis mengapa kamu merasa seperti ini belakangan ini. Merasa cemburu mungkin berarti kamu memiliki masalah harga diri atau rasa tidak aman yang mendasarinya.

Kamu mungkin berpikir bahwa dirimu tidak cukup baik untuk pasangan dan karenanya, mereka mungkin meninggalkanmu untuk seseorang yang lebih baik. Belajarlah untuk menghargai kualitas positif dari dirimu.

3. Lupakan Hubungan di Masa Lalu

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/kittirat roekburi

Hubungan di masa lalu meninggalkan luka yang mungkin bisa kamu ingat sampai saat ini. Apalagi jika seseorang pernah diselingkuhi, kemungkinan mereka akan memiliki masalah kepercayaan besar dalam hubungan mereka. Tapi tidak semua orang memiliki sifat buruk itu. 

4. Kurangi Rasa Terlalu Memiliki

Kurangi rasa memiliki yang terlalu tinggi kepada pasanganmu. Mereka memiliki kehidupan pribadi begitu pula denganmu. Janganlah cemburu ketik kekasihmu menghabiskan waktu bersama dengan teman atau keluarganya.

Kecemburuan yang berlebihan, bisa menghancurkan hubunganmu. Percayalah, pria yang tepat untukmu tidak akan pernah membuatmu kecewa. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela