5 Perubahan yang Paling Terasa saat Melepas Masa Lajang dan Menikah

Endah Wijayanti07 Okt 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 07 Okt 2021, 13:45 WIB
bridezilla dan tanpa pesta

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah sebuah fase yang menawarkan perjalanan panjang dalam hidup. Maka dari itu, perlu banyak kesiapan dan kemantapan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Saat melepas masa lajang dan menikah, ada sejumlah perubahan yang akan terjadi dan kita alami.

Perubahan yang terjadi bisa menyangkut berbagai aspek. Mulai dari soal prioritas, tanggung jawab, hingga peran-peran baru yang akan dijalani. Umumnya lima perubahan inilah yang paling terasa saat kita melepas masa lajang dan menikah. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

1. Ada Sejumlah Peran Baru yang Dilakoni

Ada peran baru sebagai seorang istri. Selain itu, kamu juga adalah seorang menantu bagi orangtua suamimu. Ada peran baru juga sebagai seorang saudara ipar dan bagian dari keluarga besar suamimu. Beberapa peran baru akan kamu lakoni setelah menikah, dan hal ini akan menghadirkan sejumlah tanggung jawab baru yang harus bisa kamu terima sepenuhnya.

2. Ada Kerinduan Merasakan Momen-Momen Lajang

Dalam masa transisi antara lajang lalu menikah, pastinya akan hadir semacam rasa rindu menikmati hal-hal yang dilakukan saat masih lajang. Ini tak selalu berarti hal buruk, ya. Melainkan sesuatu yang wajar sebab sebuah fase baru pastinya akan membuat kita merenungkan berbagai hal yang telah berlalu, lalu menyiapkan diri lebih baik lagi untuk melangkah ke depan. 

3. Ada Sosok-Sosok yang Mendekat dan Menjauh

bridezilla dan modal tiga juta
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vershinin89

Bisa jadi lingkaran pertemananmu akan semakin kecil, atau setidaknya teman-teman yang kamu jumpai "itu-itu saja". Apalagi setelah menikah, kesibukan dan prioritasmu ikut berubah. Sehingga kadang tak punya cukup waktu atau energi untuk selalu memenuhi setiap undangan makan atau berkumpul dengan teman-teman. Ada orang-orang yang mulai menjauh, ada juga yang mendekat. Orang datang dan pergi, dan ini adalah sesuatu yang wajar terjadi.

4. Ada Sejumlah Kompromi Baru yang Perlu Disepakati Bersama

Sejumlah kompromi baru dibuat. Mulai dari soal pekerjaan, keuangan, hingga tentang soal pembagian waktu. Misalnya, ada kesepakatan untuk berbagi peran ketika kamu dan suami sama-sama sibuk bekerja sehingga harus membuat kesepakatan soal pekerjaan rumah tangga yang perlu diselesaikan tanpa membebani satu pihak saja. Banyak hal yang perlu selalu dikomunikasikan dan dikompromikan lebih dahulu dengan pasangan agar pernikahan berjalan harmonis.

5. Ada Sejumlah Kejutan Baru yang Tak Pernah Disangka

Ada sisi baru yang baru kamu lihat dari pasanganmu. Ada kebiasaan yang tak pernah kamu tahu ternyata dimiliki oleh pasanganmu. Berbagai kejutan atau hal yang tak pernah kamu duga bisa terjadi dalam pernikahan. Hal-hal baru ini akan memberi warna tersendiri dalam pernikahanmu.

Bagi yang saat ini sudah menikah, kira-kira perubahan apa yang paling terasa setelah melepas masa lajang? Apakah salah satu di antara lima hal di atas?

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela