Menurut Psikolog, Ini 4 Cara agar Harmonis saat Berpasangan dengan Sesama Anak Tengah

Endah Wijayanti14 Okt 2021, 08:35 WIB
Diperbarui 14 Okt 2021, 08:35 WIB
seribu cinta dan berujung pelaminan

Fimela.com, Jakarta Punya pasangan sesama anak tengah? Pastinya ada tantangan tersendiri yang dihadapi dalam menjalin dan menjaga keharmonisan hubungan. Kamu seorang anak tengah yang punya kakak dan adik, begitu pula dengan pasanganmu yang punya kakak dan adik, sehingga karaktermu dan karakternya dalam berkomunikasi akan dihadapkan pada tantangan tersendiri.

Sesama anak tengah mungkin akan kesulitan berkomunikasi dengan baik. Salah satunya adalah kecenderungan untuk tidak berani mengutarakan pendapat atau opini pribadi karena tidak mau memicu konflik. Dr. Kevin Leman, seorang psikolog dan penulis sekitar 50 buku, seperti yang dilansir dari laman CBN, punya beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengurangi konflik dan meningkatkan keharmonisan dalam pernikahan sesama anak tengah. Selengkapnya, langsung saja simak rangkumannya di sini, ya.

1. Bangun Kepercayaan Diri Masing-Masing

Anak tengah biasanya kurang percaya diri. Berpasangan dengan sesama anak tengah perlu menyiapkan diri untuk bisa saling membangun dan meningkatkan rasa percaya diri. Apresiasi kelebihan dan kemampuang masing-masing. Serta, upayakan untuk selalu bisa menghadirkan pendapat yang jujur dan bukan yang hanya manis di mulut saja.

2. Beri Ruang yang Lebih Luas untuk Membangun Persahabatan

Sebagai anak tengah, kamu terbiasa dikelilingi oleh banyak orang dan kerabat. Dalam menjalin huungan, upayakan untuk bisa saling memberi ruang dan kesempatan untuk memiliki jejaring atau ikatan persahabatan yang luas. Boleh perbanyak sahabat, tapi sebaiknya bukan sahabat lawan jenis. Karena, seperti yang dipaparkan Leman, banyak hubungan perselingkuhan yang dimulai karena pasangan memiliki "teman spesial" yang lawan jenis.

3. Lakukan Hal Istimewa untuk Satu Sama Lain

seribu cinta dan mencintai sahabat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/vichie81

Anak tengah biasanya kurang bahagia dalam proses tumbuh kembangnya karena merasa diabaikan atau tidak dianggap spesial. Dalam hubungan dengan sesama anak tengah, ada baiknya untuk bisa saling melakukan hal istimewa kepada satu sama lain. Membelikan hadiah atau memberi kejutan manis bisa jadi cara mudah untuk melanggengkan hubungan.

4. Saling Respek Satu Sama Lain

Hormati privasi masing-masing. Jangan menjelek-jelekkan pasangan sendiri di depan orang lain. Junjung tinggi sikap saling respek atau saling menghormati satu sama lain. Jaga komitmen dan kompromi yang sudah disepakati bersama juga penting dilakukan agar hubungan bisa senantiasa harmonis.

Bagi kamu yang sedang menjalin hubungan dengan sesama anak sulung, semoga hubunganmu senantiasa harmonis dan langgeng, ya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela