9 Tips Menghadapi Rasa Sakit yang Mendalam Karena Patah Hati

Gayuh Tri Pinjungwati23 Okt 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 23 Okt 2021, 09:15 WIB
dampak patah hati 3

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang sedang mengalami patah hati mungkin merasa seolah-olah sedang menghadapi akhir dunia. Cinta tak berbalas itu menyakitkan dan penuh dengan kekecewaan. Tidak pernah baik, untuk mempertahankan cinta satu sisi yang mungkin sedang kamu rasakan.

Namun, ada acara yang bisa membantumu menyembuhkan lukamu dan membuatmu merasa bahagia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terimalah

Langkah pertama untuk melupakan cinta bertepuk sebelah tangan adalah menerimanya. Ini adalah langkah yang baik untuk membawa dirimu ke dalam penyembuhan. Kamu harus melupakan orang yang sangat kamu cintai. Mereka tidak akan pernah membalas perasaan itu.

Kamu harus menerima kenyataan itu. Tidak apa-apa untuk melaukannya dengan perlahan tetapi kamu harus menerima bahwa semakin cepat kamu rela melepaskan, semakin sedikit rasa sakit yang kamu rasakan.

2. Jangan Salahkan Diri Sendiri

Cinta tak berbalas bukan salah siapa-siapa. Jangan pernah merasa perlu menyalahkan diri sendiri. Jangan menganggap ini sebagai kegagalan dalam mendapatkan orang yang benar-benar kamu inginkan menjadi milikmu. Jika memang tidak ditakdirkan maka terimalah dengan hati terbuka. Menyalahkan diri sendiri tidak akan membuatmu lebih mudah melupakan rasa sakit yang kamu rasakan.

Kamu mungkin merasa seolah-olah kamu tidak cukup baik untuk orang yang kamu cintai, tetapi itu tidak benar. Ada orang lain di luar sana untukmu yang akan bersedia menerimamu apa adanya. Orang yang kamu sukai tidak merasakan chemistry antara kalian berdua dan tidak ada gunanya memaksanya.

3. Angkat Kepalamu

Jangan sampai hal ini membuatmu menjadi seseorang yang pesimis dalam hal cinta. Cinta bukan tentang bahagia dan puas dengan orang yang kamu cintai. Ada banyak rasa sakit yang menyertainya juga.

Saat ini, kamu sedang mengalami luka. Tetapi tetap menegakkan kepalamu karena mungkin ada cinta sejati yang akan segera menghampirimu. Kamu akan bahagia lagi setelah dapat menemukan seseorang yang mencintaimu kembali.

4. Fokus Pada Masa Depan

Cara lain untuk melupakan cinta bertepuk sebelah tangan adalah dengan menyatukan diri. Fokus pada masa depan saat kamu beranjak dari rasa sakit. Kemarahan dan kekecewaan yang kamu rasakan mungkin membuatmu berpikir untuk menyakiti orang lain. Tetapi kamu tidak boleh melakukannya karena itu hanya akan menularkan rasa sakit kepada orang lain.

Kamu juga akan membuang banyak waktu berhargamu. Arahkan pandanganmu ke masa depan dan tujuanmu yang lain sehingga kamu akan selalu termotivasi untuk maju.

5. Coba Lupakan

dampak patah hati 2
Ilustrasi./Copyright pixabay.com

Meninggalkan masa lalu bukanlah hal yang mudah apalagi saat kamu masih terluka karenanya. Yang harus kamu lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk melupakannya. Mengingatkan diri berulang-ulang tentang pengalaman buruk itu tidak akan membuatmu hidup damai. Sibukkan diri dengan banyak aktivitas.

6. Sendirian

Sendirian sebenarnya sangat penting. Kamu dapat memiliki pikiran yang jernih untuk memikirkan berbagai hal tanpa mendengar pendapat orang lain tentang hal itu. Tuliskan perasaanmu, berteriak atau menangis tanpa rasa malu. Jangan menahan semua perasaan negatif itu.

7. Tingkatkan Potensi

Memikirkan orang yang kamu cintai benar-benar dapat memenuhi pikiranmu. Kamu mungkin mulai lupa untuk mencintai diri sendiri. Setiap orang memiliki potensi, termasuk dirimu. Kenali dirimu lagi dan kenali kekuatanmu. Perbaiki dirimu karena itu bisa menjadi faktor yang akan membuat orang lain tertarik kepadamu.

8. Perluas Lingkaran Pertemanan

Perluas lingkaran dan temui orang-orang baru dalam hidup. Itu salah satu cara melupakan seseorang yang patah hati. Perasaan kecewa mungkin membuatmu ingin tetap berada di zona nyaman, padahal sebenarnya kamu perlu lebih banyak tantangan. Bicaralah dengan orang-orang dengan minat yang sama denganmu.

9. Tetap Berharap Dan Bersyukur

Berpegang pada harapan bukanlah hal yang buruk. Kekecewaan akan muncul sesekali tetapi tetaplah berharap. Selalu ada hal lain untuk disyukuri meskipun ada perasaan pahit memiliki seseorang yang tidak mencintaimu.

Bersyukurlah atas teman, keluarga, atau bahkan hewan peliharaan yang mendukung. Bersyukurlah atas kehidupan yang kamu jalani karena situasimu saat ini bisa menjadi pelajaran.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melewati masa sulit karena menyembuhkan luka patah hati. Kamu layak mendapatkan yang terbaik, kamu berpikir dia orangnya, tetapi yakinlah ada yang lebih baik darinya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela