3 Tanda Jelas Bahwa Pasanganmu Mencoba Memanipulasimu

Gayuh Tri Pinjungwati26 Okt 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 13:15 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Seringkali, orang yang melakukan manipulasi tidak melakukannya dengan sengaja untuk menyakiti orang lain. Orang-orang yang baik akan mencari dialog di mana mereka dapat berdiskusi, berkompromi, bernegosiasi, dan menghormati perbedaan, kebutuhan, dan perasaan satu sama lain. Seorang manipulator melakukan segala hal yang dia bisa untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan memojokkanmu, mengabaikan batasanmu dan membuatmu merasa takut atau bersalah.

Tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan kendali atas pikiran, perasaan, dan tindakanmu. Mereka ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan tidak peduli dengan cara apa pun. Melansir dari liputan6.com (26/10), berikut ini adalah beberapa tanda si dia berusaha memanipulasimu.

Mendaramatisir Keadaan

Seseorang yang manipulatif pasti sering menggunakan beberapa pernyataan yang terlalu mendramatisir. Contohnya seperti “Saya pikir kamu akan mengerti”.

Ketika pasanganmu sering mencoba untuk membujuk, merayu, atau menangis agar membuatmu berubah pikiran dan melakukan apa yang dia inginkan, hal ini merupakan salah satu tanda dari manipulasi emosional.

Sering Menguji Cintamu

Couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Wassana Panapute

Jika pasanganmu terus menerus menguji cintamu dengan mengucapkan kalimat “kalau kamu benar-benar mencintaiku, kamu harus melakukannya” mereka mungkin sedang memanipulasi. Trik ini merupakan cara di mana pasanganmu menggunakan rasa bersalah dan emosi untuk mendorongmu melakukan hal yang dia inginkan. Meskipun kamu tidak ingin melakukannya, mereka akan mengatakan hal tersebut untuk menguji apakah kamu benar-benar mencintainya. Ini merupakan bentuk manipulasi.

Gaslighting

Apakah kamu pernah mendengar kata gaslighting? Istilah gaslighting adalah bentuk manipulasi di mana seseorang mencoba membuat orang lain merasa ragu atau mempertanyakan realitas, ingatan, atau persepsi mereka. Biasanya hal ini akan terjadi dalam hubungan yang kurang sehat dan selalu menjadi masalah yang serius. 

Ketika pasanganmu mencoba untuk memutarbalikkan fakta, ini adalah satu bentuk dari gaslighting. Ini dilakukan bertujuan untuk membuatmu seolah-olah salah paham atau salah mengingat. Hal ini kerap menjadi salah satu cara yang membuatmu tetap bertahan dalam suatu hubungan. Sehingga dengan cara gaslighting ini, kamu menjadi berpikir bahwa hal yang pasanganmu lakukan tidak buruk atau bahkan tidak benar. 

Jika kamu sering menemukan tanda-tanda di atas, ada baiknya untuk berhati-hati. Bisa saja pasanganmu melakukan hal itu.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela