Penelitian Membuktikan, Cara Bicara Seperti Ini yang Membuatmu Menarik

Febi Anindya Kirana07 Nov 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 07 Nov 2021, 11:15 WIB
pasangan kencan

Fimela.com, Jakarta Ketika berkenalan dengan seseorang yang potensial dijadikan pasangan, pasti ada satu dua hal yang membuatmu tertarik padanya. Entah secara fisik, pemikiran atau bahkan kebiasaan berbicara.

Sebuah penelitian menemukan bahwa cara bicara tertentu ternyata cenderung disukai para pria dan para perempuan, dan uniknya kedua cara bicara tersebut sangat bertolak belakang.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the Acoustical Society of America menemukan bahwa perempuan cenderung menyukai pria yang punya kebiasaan bicara bergumam karena memiliki kesan lebih maskulin. Sebaliknya, pria cenderung menyukai perempuan yang bicara dengan jelas dan dengan pengucapan yang baik.

Cara bicara yang disukai perempuan dan pria

pasangan kencan
ilustrai cinta bahagia/chaponta/Shutterstock

Peneliti membagi beberapa kelompok terpisah untuk mendengarkan kaset berisi orang-orang yang berbicara dan masing-masing akan diberi peringkat seberapa menarik cara orang tersebut berbicara.

Sarah Hargus Ferguson, PhD, salah satu penulis studi dari University of Utah, mengatakan kepada MailOnline, "Dari sudut pandang seleksi seksual, laki-laki dengan ciri-ciri yang sedikit lebih maskulin biasanya lebih disukai perempuan, dan umumnya laki-laki dengan ucapan yang kurang jelas dianggap lebih menarik," katanya.

Sedangkan pria sangat menyukai perempuan yang terbiasa bicara dengan ucapan yang jelas karena dianggap memberikan kesan feminin. Perempuan terdengar lebih nyaring dan enak didengar ketika ia tidak bergumam.

Tentu saja, penelitian ini perlu dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui mengapa persepsi itu bisa terbentuk. Tapi jika kamu ingin tampak menarik, maka biasakan bicara dengan jelas mulai dari sekarang ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela