Sukses

Relationship

4 Tips Tetap Bahagia Saat LDR Meski Rindu Pasangan

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi seperti saat ini menjadi momen yang sulit bagi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Pastinya ada tantangan baru yang dihadapi oleh pasangan LDR karena akan semakin sulit bertemu di masa pandemi.

Padahal, sebuah hubungan romantis seharusnya didasari oleh perjumpaan yang sering dan kontak fisik. Lalu bagaimana agar bisa tetap bahagia meski menjalani hubungan LDR?

“LDR dapat menjadi hubungan yang sulit, karena membutuhkan komunikasi yang jujur dan terbuka. Namun, kalau kedua pasangan berusaha, maka hubungan LDR itu bisa berhasil,” ujar Psikolog Riliv, Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog.

Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog memiliki sejumlah tips agar kamu tetap nyaman untuk terus menjalani hubungan LDR bersama pasangan.

 

1. Saling percaya satu sama lain

Dalam hubungan romantis pada umumnya, kamu harus percaya kalau pasanganmu tidak akan selingkuh dengan orang lain. Apalagi, dalam hubungan LDR, di mana kamu hanya bisa berjumpa melalui layar dan mendengar suara satu sama lain di telepon.

Merasa sulit untuk mempercayai pasanganmu? Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadapmu. Maka, kalau kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya ia yang tidak becus dalam menjaganya. Jadi, bukan salahmu!

2. Lakukan komunikasi, tapi jangan mengekang

Komunikasi adalah kunci. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR yang bahkan, lebih berarti. Karena, komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka.

Menyampaikan bahwa kamu tidak suka kalau pasanganmu tidak membalas chat-mu selama berjam-jam itu bagus. Namun, hati-hati saat berkomunikasi, ya. Bisa-bisa, kamu melewati batas dengan memaksakan keinginanmu kepada pasanganmu.

 

3. Posisikan dirimu sebagai pasanganmu

Salah satu “keuntungan” dari hubungan LDR adalah kebebasan yang diberikan. Kamu bisa me-time lebih banyak dan bertemu teman lebih sering.

Sebelum menerima ajakan untuk nge-date dari orang lain, atau merespons rayuan mereka, coba posisikan dirimu sebagai pasanganmu. Beberapa kilometer dari tempatmu, pasanganmu percaya kalau kamu tidak akan menyakitinya.

4. Jadikan LDR sebagai sebuah “tes”

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubunganmu. Mulailah mengadopsi mindset ini, kamu yang kuat menghadapi LDR bersama pasanganmu juga akan membuat hubungan itu lebih kuat lagi.

Maka, nikmatilah LDR bersama pasanganmu. Bisa saja, LDR membuatmu mengevaluasi hubunganmu dalam perspektif yang baru. Sehingga, hubunganmu akan menjadi lebih awet daripada sebelumnya.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading