Sukses

Relationship

5 Cara agar Tidak Menjadi Perempuan yang Gampang Baper

Fimela.com, Jakarta Sering gampang terbawa perasaan (baper) karena hal-hal  yang sebenarnya sepele? Misal, ada seorang pria yang memberimu sebentuk perhatian. Lalu, kamu langsung menganggapnya punya perasaan istimewa padamu. Kemudian, kamu jadi gampang cemburu ketika dia tampak ramah dan dekat dengan perempuan lain. Hm, gampang baper banget ya kan?

Agar tidak gampang baper, khususnya ketika terkait dengan urusan cinta, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tentu saja masing-masing dari kita punya karakter dan watak sendiri yang sangat memengaruhi cara kita menata perasaan. Hanya saja biar kita bisa lebih tenang dan tidak gampang baper, cara-cara sederhana bisa dicoba sebagai langkah awal.

1. Akui bahwa Setiap Perasaan yang Hadir Itu Valid

Maksudnya adalah kita perlu lebih jujur dengan perasaan kita sendiri. Kalau merasa ge-er saat ada orang yang memberimu perhatian, ya sudah akui perasaan itu. Tapi bukan berarti harus berlarut-larut dalam perasaan itu. Biarkan perasaan itu hadir dan mengalir, supaya setelah itu bisa fokus ke hal-hal lain yang lebih penting.

2. Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

Sebagai contoh, karena tiba-tiba merasa jatuh cinta pada seseorang yang baru dikenal, kita langsung menghukum diri sendiri dan merasa tidak pantas untuknya. Padahal yang sedang kita rasakan adalah gejolak hati sendiri. Walau mungkin awalnya tidak mudah, tapi cobalah untuk menerima perasaan yang hadir tanpa terlalu menghakimi. Supaya kita bisa lebih mudah untuk kembali menjaga ekspektasi dan tidak gampang baper.

 

3. Lihat dari Sudut Pandang yang Berbeda

Kadang kita gampang baper karena terlalu fokus pada satu pemikiran atau satu sudut pandang. Misal, ada seseorang yang memberimu kritik atas hal yang baru saja kamu lakukan. Alih-alih langsung merasa rendah diri dan baper sendiri, coba lihat dari sudut pandang orang tersebut. Bisa jadi memang ada sesuatu yang perlu kamu benahi dan perbaiki untuk hasil yang lebih baik.

4. Berbagi Cerita dan Isi Hati ke Orang Terpercaya

Curhat. Ini bisa jadi cara untuk membuatmu tidak gampang baper. Ketika kamu merasa kesulitan memahami perasaan sendiri, coba curahkan isi hatimu ke orang yang kamu percaya. Curahkan dan tuangkan isi hatimu. Biasanya dengan begini, hatimu akan terasa lebih ringan dan tidak lagi merasa tertekan dengan perasaan yang hadir.

5. Beri Jeda Waktu untuk Memproses Perasaan

Kadang kita gampang baper karena kita terlalu reaktif dalam menanggapi emosi dan perasaan yang ada. Kalau ini yang terjadi, maka ada baiknya kita selalu berupaya untuk mengambil jeda waktu untuk memproses perasaan. Tak perlu terburu-buru membuat sebuah keputusan atau mengambil pilihan ketika pikiran sedang kacau. Tarik napas dalam-dalam, atur kembali ritme napasmu, dan tenangkan diri.

Kalau menurut Sahabat Fimela, apa lagi cara atau kiat yang cukup efektif agar tidak gampang baper? Boleh lho berbagai pendapat dan pengalaman di sini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading