Sukses

Relationship

Menurut Psikolog, Ini 6 Karakteristik Hubungan Cinta yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin sebuah hubungan, pastinya kita berharap hubungan yang dijalin bisa menghadirkan perubahan yang lebih baik dalam hidup kita. Kita menginginkan hubungan yang sehat untuk kualitas hidup yang lebih baik. Tapi sudahkah kita tahu apa saja ciri atau karakteristik hubungan yang sehat?

Menurut seorang psikoanalis dan psikolog di New York, Stephanie Newman, PhD, ada enam karakteristik hubungan yang sehat. Seperti yang dilansir dari laman TheHealthy, enam karakteristik yang dimaksud adalah empati, kepercayaan, respek, kompromi, tawa, dan komunikasi. Berikut rangkumannya.

1. Empati

Newman menjelaskan bahwa tidak akan ada hubungan yang sehat tanpa keahlian penting ini. Memiliki kemampuan berempati dengan pasangan dan bisa memposisikan diri di posisinya sangatlah penting. Dengan adanya empati, pasangan bisa lebih nyaman dalam menyampaikan hal-hal yang dirasakan tanpa takut dihakimi.

2. Kepercayaan

Saling percaya satu sama lain menjadi kunci penting untuk membangun hubungan yang kuat dan sehat. Ketika sudah saling percaya, ada kenyamanan sekaligus kebebasan yang bisa didapatkan. Serta bisa saling memberi ruang untuk berkembang dan berproses menjadi versi diri yang lebih baik.

 

3. Respek

Tak ada yang mau diremehkan atau dipandang sebelah mata oleh pasangan sendiri. Maka dari itu perlu saling respek atau saling mengharga dalam hubungan. Dengan adanya respek, kita dan pasangan bisa terhindar dari situasi saling menyakiti satu sama lain. Respek menghadirkan ruang yang aman dan nyaman yang menunjukkan ada sikap saling menjaga nilai-nilai positif yang diyakini pasangan.

4. Kompromi

Perdebatan atau perbedaan pendapat dalam sebuah hubungan merupakan hal yang lumrah. Maka dari itu, perlu adanya kompromi agar bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Perbedaan yang hadir dalam sebuah hubungan bisa menghadirkan warna tersendiri dalam hubungan, yang bisa jadi fondasi kuat untuk membangun hubungan yang langgeng.

5. Tawa

Saat bisa tertawa bersama, ada rasa nyaman yang mengalir dengan sendirinya. Tawa bisa menghadirkan perasaan aman secara emosional. Maka dari itu, kalau dalam hubunganmu tidak pernah ada tawa, mungkin ada baiknya untuk kembali mempertimbangkan perlu tidaknya mempertahankan hubungan itu.

6. Komunikasi

Komunikasi seperti apa yang diperlukan dalam sebuah hubungan? Hubungan yang sehat akan memiliki cara berkomunikasi yang terbuka serta saling memberi ruang untuk mendengar. Ada komunikasi dua arah yang dibangun dalam hubungan, sehingga kesalahpahaman bisa diminimalisasi serta bisa lebih memudahkan masing-masing untuk lebih mengenal karakter dan kepribadian.

Jadi, apakah dalam hubunganmu memiliki enam karakter di atas? Semoga hubungan yang sedang kamu bangun saat ini bisa senantiasa harmonis dan langgeng, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading