Sukses

Relationship

4 Masalah Keuangan yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika telah menjalin hubungan dengan seseorang, mungkin kamu hendak melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Tentunya akan ada beberapa hal yang perlu kamu bicarakan dengan pasanganmu sebelum kalian membangun rumah tangga bersama. Misalnya saja membicarakan tentang keuangan, karena ini kerap kali menjadi masalah dalam pernikahan.

Mungkin terdengar sulit dilakukan, tapi ini perlu dan harus kamu lakukan. Lalu seperti apa cara membicarakan keuangan dengan kekasih sebelum menikah? Yuk, langsung simak tipsnya di bawah ini. 

1. Pandangan Tentang Uang

Pandangan tentang uang membuat kita menjadi emosional. Pandangan keluarga kita tentang uang dapat berdampak besar pada cara kita melihat keuangan. Cobalah untuk membicarakan pandangan pasangan tentang keuangan, mulai dari cara menabung, membelanjakan dan menganggarkan.

2. Kebiasaan Menabung atau Berbelanja

Kemungkinan kamu dan pasanganmu memiliki cara berbeda untuk membelanjakan dan menyimpan uang. Hal yang menarik tentang kebiasaan belanja dan menabung adalah bahwa kebiasaan tersebut memberikan wawasan tentang prioritas, baik finansial maupun lainnya karena kita cenderung membelanjakan uang untuk hal-hal yang kita rasa paling penting.

Tidak menyepakati prioritas pengeluaran dapat menyebabkan konflik serius di kemudian hari dalam rumah tangga. Meskipun tidak ada jawaban benar dan salah mengenai prioritas dan kebiasaan, penting untuk mengetahui dan memahami kebiasaan satu sama lain lebih awal daripada nanti.

3. Membagi Tagihan

Ini adalah percakapan penting tentang bagaimana kamu akan mengelola uang bersama. Apakah kamu dan pasangan akan memiliki akun terpisah atau bersama? Siapa yang akan bertanggung jawab untuk membayar tagihan dan berinvestasi untuk tujuan jangka panjang? Pemahaman yang realistis tentang pendapatanmu dan hutang saat ini adalah penting sehingga kamu dapat membuat anggaran yang realistis berdasarkan gabungan pendapatan dan pengeluaranmu.

4. Kewajiban Kuangan Berkelanjutan

Jika kamu dan pasangan berencana segera memiliki momongan, ada baiknya untuk membuat anggaran kebutuhan anak. Cobalah untuk membuat anggaran abstrak tentang keuangan yang diperlukan untuk anak. Selain itu, mengurus orangtua yang lanjut usia pun dibutuhkan finansial yang matang. Karena itu, persiapkan sejak dini. 

Membicarakan keuangan begitu penting apalagi sebelum kamu dan pasangan menikah. Kamu perlu mengetahui kebiasaan membelanjakan uang dari pasanganmu begitu juga sebaliknya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading