3 Masalah yang Sering Muncul saat Merencanakan Pernikahan dengan Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati27 Nov 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 09:15 WIB
couple menikah

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah hari bahagia dalam hidup seseorang. Dimana sepasang kekasih mengikat janji untuk bersama selamanya. Wajar saja jika setiap orang menginginkan hari bahagia mereka bisa berjalan dengan baik. Tetapi, karena ada dua keluarga yang terlibat, tentu masing-masing membawa harapan dan ide yang berbeda tentang pernikahan.

Hal ini cenderung menyebabkan bentrokan antara pengantin perempuan dan pengantin pria serta keluarga keduanya. Jika Sahabat Fimela tidak ada konflik yang semakin panjang, maka kamu dan pasangan perlu mengurangi alasan terbesar yang menyebabkan pertengkaran. Lalu masalah apa saja yang biasanya muncul ketika merencanakan pernikahan? Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ketidaksepakatan dengan Ibu Mertua Tentang Tradisi

Apakah kamu dan pasanganmu mempertahankan keyakinan yang sama atau tidak, pasti ada gesekan antara kamu dan ibu mertua ketika merencanakan pernikahan. Mungkin ini tentang kamu tidak menginginkan ritual tertentu dalam pernikahan atau mengharapkan acara yang lebih simpel. Ingatlaj bahwa kompromi dari kedua belah pihak adalah kunci untuk membuat pernikahanmu berhasil.

2. Argumen Tentang Anggaran Pernikahan

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Onchira Wongsiri

Karena biaya keuangan pernikahan dibagi antara dua keluarga, mungkin akan ada percakapan yang sulit tentang siapa yang akan membayar untuk beberapa bagian baik itu dekorasi, undangan, atau konsumsi. Kemudian jika kamu cenderung melebihi anggaran yang ditetapkan mungkin bisa menjadi perdebatan.

3. Perbedaan Pendapat dan Keinginan

Pasti ada saat-saat ketika kamu tidak setuju pada detail pernikahan, baik itu tentang tema warna dan dekorasi upacara atau pakaian yang ingin kamu pakai. Karena kalian berdua sangat emosional dalam upacara tersebut, perasaanmu mungkin disakiti secara tidak sengaja oleh pihak lain.

Namun demikian, kamu harus ingat bahwa perselisihan kecil tidak berarti kamu tidak cocok dengan pasanganmu. Karenanya lihat gambaran yang lebih besar dan cari solusi bersama untuk mengatasi pertengkaran dan memperkuat ikatanmu dengan kekasih.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela