5 Faktor Penyebab Pasangan Berselingkuh, Terkait Pilihan Hingga Kenangan

Endah Wijayanti09 Des 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 15:15 WIB
pasangan selingkuh

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan, apa pun alasannya, hanya akan menimbulkan luka. Banyak hal yang tak akan lagi sama ketika sebuah hubungan sudah ternoda perselingkuhan. Saat pasangan berselingkuh, dan kamu menjadi korban yang diselingkuhi, kamu mungkin butuh waktu lama dan panjang untuk bisa pulih dan melangkah lagi ke depan.

Sebenarnya apa penyebab pasangan berselingkuh? Faktor penyebabnya bisa sangat beragam. Mengutip buku Belahan Jiwa, ada setidaknya lima faktor penyebab pasangan berselingkuh. Mulai dari soal pilihan hingga yang terkait dengan kenangan masa lalu. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Merasa Ada Orang Lain yang Lebih Baik

Faktor pertama penyebab seseorang mengikuti kehendak hatinya untuk berselingkuh, kemungkinan karena dia merasa ada orang lain yang lebih baik dibanding pasangannya. Ibaratnya rumput tetangga selalu tampak lebih hijau di matanya. Biasanya setelah menikah, ada banyak sisi dan karakter pasangan yang terungkap. Pasanganmu bisa tergoda untuk berselingkuh saat merasa ada orang lain yang lebih baik darimu, dan ini terkait dengan pilihannya antara mempertahankan kesucian ikatan cinta denganmu atau mengikuti hasratnya untuk mendapatkan "rumput yang lebih hijau". 

2. Terbawa Suasana

Pasanganmu mudah jatuh cinta dan sangat mudah terbawa suasana. Di sini, dia belum bisa memisahkan antara perasaan dan nurani. Perasaan tak selalu benar, sedangkan nurani adalah sesuatu yang ditanamkan Tuhan kepada setiap manusia dan akan cenderung pada sesuatu yang benar. Saat pasanganmu masih belum bisa membedakan mana yang perasaan sesaat dan mana cinta yang sejati, kesetiaannya akan mudah goyah. 

3. Kehendak Mencari Menu Lain

tanda pasangan berselingkuh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/oliveerhc

"Menu lain" yang dimaksud di sini berkaitan dengan ingin mencari sesuatu yang baru di luar rumah. Pada pasangan yang sudah menjalin pernikahan bertahun-tahun dan merasa terjebak dalam rutinitas yang sama, rasa bosan bisa muncul. Kalau pasanganmu malah mencari sesuatu di luar dan tidak berkomunikasi lebih jujur dan terbuka padamu, dia bisa tergoda untuk berselingkuh.

4. Pertengkaran Terus Menerus

Pertengkaran terus menerus bisa menimbulkan huru-hara dalam pernikahan. Kalau konflik ini tak kunjung menemukan jalan keluar, maka bisa membuat pasangan untuk mencari orang lain untuk mendapatkan kenyamanan. Begitu merasa lebih nyaman dengan orang lain (dan tidak fokus mencari jalan keluar atas masalah dalam hubungannya sendiri), dia bisa memilih untuk mendua.

5. Kenangan Masa Lalu

Seseorang yang belum selesai dengan masa lalunya juga bisa rentan berselingkuh. Masih memendam rasa cinta pada seseorang yang dulu pernah dekat bisa memicu hasrat untuk kembali padanya meski sudah ada ikatan cinta suci untuk dijaga. Padahal yang lalu sudah sepatutnya dibiarkan berlalu, sebab ada masa kini yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik.

Selain lima faktor di atas, pengaruh lingkungan juga bisa jadi penyebab perselingkuhan. Kalau pasanganmu memiliki lingkaran sosial dengan orang-orang yang pernah atau gemar berselingkuh, maka dia pun bisa rentan untuk berselingkuh karena mendapat pengaruh buruk.

Semoga kamu dan pasanganmu bisa terus langgeng dan harmonis, ya. Saling jaga cinta dan komitmen yang dibangun bersama untuk bisa membangun kebahagiaan yang utuh.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela