Sukses

Relationship

Terbukti, Tipe Pasangan seperti Ini yang Punya Cinta Paling Bahagia

Fimela.com, Jakarta Hubungan cinta jangka panjang yang awet tidak tiba-tiba muncul ke permukaan. Semuanya butuh proses, pengorbanan dan perjuangan. Banyak faktor atau pengaruh yang bisa membentuk hubungan cinta jangka panjang, salah satunya adalah kepribadian yang dimiliki seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships dan dilakukan para peneliti dari Martin Luther University Halle-Wittenberg (MLU) dan University of Bamberg menemukan bahwa pasangan cinta yang paling bahagia ternyata memiliki 'sense of personal power' atau kekuatan pribadi yang tinggi.

Apa maksudnya? Setiap orang memiliki kekuatan dalam memengaruhi orang lain dan menunjukkan seberapa berdaya dirinya dengan kemampuan diri sendiri serta kemampuan menolak upaya orang lain untuk memengaruhinya. Dengan kemampuan ini, setiap orang memiliki kesempatan dan andil untuk memutuskan masalah apa yang penting untuk dibicarakan atau didiskusikan dalam hubungan.

Pasangan bahagia punya 'sense of personal power'

Penelitian yang melibatkan 181 pasangan suami-istri yang telah hidup bersama rata-rata selama 8 tahun ini juga menunjukkan bahwa kedua pihak bisa memiliki kekuatan tersebut tanpa saling mengalahkan.

Dikutip dari BestLifeOnline, salah satu rekan penulis studi, Astrid Schütz, PhD, mengatakan, "Perasaan ini bisa meluwas ke berbagai aspek hubungan cinta, misalnya istri menentukan ke mana harus pergi liburan, dan suami memutuskan ke mana harus pergi kulineran saat liburan tersebut."

Dengan kata lain, keduanya memiliki andil yang sama kuat dalam hubungan cinta. Terkadang kita melihat ada sepasang suami istri yang sukses dengan jalan kariernya masing-masing tanpa merasa perlu menjatuhkan salah satunya atau mengalah agar hanya satu orang yang mendominasi.

Ketika pasangan mampu saling mendukung pasangannya dalam menunjukkan 'sense of personal power', maka di situlah akan timbul keseimbangan kekuasaan di dalam hubungan cinta.

Jadi, jika ingin mengetahui apakah hubungan cintamu dengan pasangan punya kemungkinan langgeng, coba cek apakah kalian sudah memiliki 'sense of personal power'?

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading