Sukses

Relationship

11 Tanda Pria Berbohong, Terkait Kontak Mata Hingga Gerakan Tangan

Fimela.com, Jakarta Mendeteksi kebohongan seorang pria tidak selalu mudah untuk dilakukan. Apalagi kalau dia sudah lihai dan berpengalaman dalam menyampaikan kebohongan, kita bisa kesulitan untuk melacak kebenaran perkataan atau ucapannya. Perlu sensitivitas tinggi untuk mengetahui seorang pria sedang berbohong atau tidak.

Ada beberapa tanda yang bisa dikenali sebagai sinyal seseorang sedang berbohong. Mengutip buku Why Men Lie and Women Cry, berikut ini tanda-tanda pria sedang berbohong. Kalau kita mendapati seseorang menunjukkan sebagian besar tanda ini, ada kemungkinan dia sedang membelokkan kebenaran. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

11 Tanda Seorang Pria Kemungkinan Besar Sedang Berbohong

1. Menggosok hidung dengan tangan. Para ilmuwan di the Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago menemukan bahwa ketika kita berdusta, dilepaskanlah bahan kimia yang bernama katekolamina, menyebabkan jaringan di bagian dalam hidung membengkak. Selain itu, kamera pencitraan khusus yang menunjukkan aliran darah di tubuh mengungkapkan bahwa ketika seseorang sedang berbohong, hidungnya membesar. Peningkatan tekanan darah akan menggembungkan hidung dan membuat ujung-ujung saraf menjadi "gatal", dan hal ini memicu gerakan menggosok hidung yang singkat dengan tangan.

2. Ada kedut di otot wajah. Pada orang yang sedang berbohong, otaknya berusaha menghalangi wajah dari menunjukkan umpan balik.

3. Tidak ada kontak mata. Matanya akan memandang ke tempat lain. Jika di ruangan tersebut ada pintu, ke sanalah matanya menuju.

4. Melipat lengan dan/atau tungkai kaki. Gerakan ini merupakan bentuk naluri pertahanan diri.

5. Senyum dengan bibir rapat. Untuk memalsukan ketulusan, senyum dengan bibir rapat atau senyum dipaksakan ini biasanya akan ditampakkan.

6. Pupil mata menyempit.

7. Bicara dengan cepat. Ini terjadi karena orang yang sedang berbohong ingin cepat-cepat menyelesaikan pembicaraannya.

8. Kepala akan menggeleng "tidak" saat menjawab "ya", dan sebaliknya.

9. Menyembunyikan tangan. Pria merasa lebih mudah berdusta dengan tangan berada di saku.

10. Keliru mengucapkan kata-kata atau menggumam. Seorang pendusta berpikir dia tidak sedang berdusta saat melakukan hal itu.

11. Keramahan atau tawa yang berlebih-lebihan. Ini dilakukan karena dia ingin kamu menyukainya agar kamu percaya kepadanya.

Saat seorang pria memperlihatkan tanda-tanda tersebut bukan berarti kita langsung menuduhnya berbohong. Hanya saja kita perlu meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan kita tentang perkataan atau ucapan yang diutarakannya. Selalu cek kebenarannya terlebih dahulu sebelum langsung menuduhnya berbohong.

Semoga info ini bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading