5 Cara Memperbarui Pernikahan yang Terasa Usang dan Hambar

Febi Anindya Kirana27 Des 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 27 Des 2021, 14:45 WIB
menikah bahagia

Fimela.com, Jakarta Bagi para pengantin baru mungkin belum merasakan kebosanan dalam menjalani pernikahan, karena segalanya masih terasa baru. Namun bagaimana bagi pasangan yang sudah menjalani rumah tangga selama lebih dari belasan bahkan puluhan tahun? Banyak orang mungkin akan merasa kehilangan rasa cinta yang menggebu-gebu tersebut dan bahkan merasa hubungan pernikahannya hambar.

Tentu itu tak bisa menjadi satu-satunya alasan orang memutuskan untuk berpisah, karena akan selalu ada jalan untuk bisa memperbaiki hubungan cinta dan menghangatkan kembali cinta yang telah usang tersebut. Dilansir dari Brightside, ini sekian cara yang bisa dicoba.

1. Jangan mengelak pergi keluar

pasangan tersenyum
ilustrasi perempuan tertawa/Photo by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Jika ada teman atau anggota keluarga mengajak jalan keluar, jangan memaksakan diri tinggal di rumah dengan alasan 'demi pasangan'. Menjadi pasangan suami-istri bukan berarti setiap detik selalu bersama. Pasangan yang ideal adalah yang tidak mengekang dan memberi ruang untuk bersosialisasi yang seimbang.

2. Daripada berasumsi, bertanyalah

Jangan menebak-nebak atau nenerka-nerka apa yang terjadi dalam hidupnya, apa yang ia pikirkan, inginkan atau butuhkan. Karena kamu bukan peramal, kamu tak bisa membaca pikirannya. Jika ingin menunjukkan perhatian dan ketulusan, ambil cara mudah, yaitu bertanya langsung.

3. Temukan alasan mengapa merasa bosan

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/copyright by imtmphoto (Shutterstock)

Membicarakannya langsung dengan pasangan adalah opsi yang baik, karena kamu harus jujur dengan perasaanmu terhadap pasangan. Bisa jadi ia juga mengalami hal yang sama, atau ia bisa menemukan solusi agar kamu bisa menemukan kembali semangat dan cintamu yang hangat seperti dulu.

4. Atasi kesulitan dengan candaan

Merupakan hal yang penting bisa menjaga kehidupan tetap santai dan tidak terbebani, salah satunya adalah menjalani hidup dengan banyak bercanda. Bukan berarti kalian tidak serius menghadapi dan menyelesaikan masalah, tapi kalian berusaha tetap positif.

5. Jalani hobi masing-masing

main game
ilustrasi pasangan cinta bahagia/zhanghaoran/Shutterstock

Lelah fisik bisa diatasi dengan cukup istirahat, tapi belum tentu untuk lelah batin atau mental. Bisa jadi tugas wajib sebagai pasangan memberikan ikatan yang terlalu melelahkan sehingga kamu dan dia tak punya waktu pribadi untuk melakukan kegiatan yang disuka secara individu. Istirahatlah dari peran istri atau ibu sejenak dan cari momen untuk menekuni hobimu sendiri.

Kira-kira cara manakah yang ingin kamu coba untuk memperbarui pernikahanmu yang terasa usang dan hambar Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela