6 Cara Mengatasi Perasaan Tak Berguna karena Merasa Belum Mencapai Apa Pun

Febi Anindya Kirana28 Des 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 28 Des 2021, 19:15 WIB
kecewa putus masa lalu

Fimela.com, Jakarta Terkadang beberapa orang merasa dirinya tidak berguna dan putus asa karena merasa tidak mencapai apa pun selama ini. Perasaan itu bisa muncul karena banyak hal, terutama ketika ia melihat orang-orang di sekitarnya. Jika mulai merasa tak berguna karena belum mencapai apa pun, ini sekian cara mengatasinya.

1. Kenali kemampuan terbaikmu

Setiap orang pasti memiliki paling tidak satu kelebihan dan kemampuan terbaik dan paling disukainya. Temukan hal itu dan perkuat lagi kelebihanmu. Jika kamu tampil 'berbeda', terutama itu bisa membuat dirimu sendiri bangga, maka itu sudah cukup.

2. Jangan takut mencoba hal baru

perempuan sedih bingung
ilustrasi kepribadian perempuan/Twinsterphoto/Shutterstock

Jika belum menemukannya, cari dan temukan. Ada banyak hal menarik yang bisa dicoba di dunia ini, penuhi waktumu dengan mencari banyak pengalaman, atau mungkin untuk menemukan sisi lain dari dirimu. Entah mencoba lari maraton, mendaki gunung, melukis, menulis novel atau mungkin menyelam lautan.

3. Kembangkan ketrampilanmu

Banyak orang memiliki banyak talenta atau kemampuan, namun belum tentu benar-benar ahli di bidangnya. Jika ingin lebih menonjol, tak sekadar 'bisa', maka tekuni lebih serius. Kembangkan keterampilanmu dan jadilah lebih baik dari siapa saja.

4. Buat target dan tujuan hidup

merenung sedih serius bingung
ilustrasi perempuan jatuh cinta/Anuchit kamsongmueang/Shutterstock

Setiap tahun, buatlah target dan tujuan hidup. Kamu perlu mencapai sesuatu dalam satu tahun agar merasa lebih berguna dan mencapai sesuatu. Entah itu menurunkan berat badan 15 kg, menjadi pegawai ASN, bisa menabung sebanyak puluhan juta dan lain sebagainya. Cari tujuan yang membuatmu memiliki semangat.

5. Jangan suka membandingkan

Hiduplah dengan hidupmu sendiri, tak perlu membandingkan diri. Susah memang tidak iri dan cemburu dengan keberhasilan orang lain ketika kamu hidup berdampingan dengan banyak manusia lain, tapi suka membandingkan diri bisa membuatmu sangat tidak percaya diri, apalagi jika kamu hanya melihat ke atas, bukannya ke bawah.

6. Lebih banyak bersyukur

Sebaliknya, lebih banyaklah bersyukur atas apa yang kamu miliki. Bisa jadi ada lebih banyak orang yang kekurangan daripada dirimu. Kehidupanmu saat ini bisa jadi adalah impian banyak orang di luar sana. Jadi jangan menutup mata dan bersyukurlah.

Jadi, kapan pun kamu merasa tak berguna dan merasa belum mencapai apa pun dalam hidup, evaluasi kembali pikiranmu.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela