Sukses

Relationship

5 Tips agar Tidak Merasa Insecure dalam Hubungan

Fimela.com, Jakarta Ternyata sangat mungkin sekali kita merasa insecure dalam hubungan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak alasan, seperti pengalaman buruk di masa lalu, tidak percaya pada pasangan, tidak percaya diri, selalu mendengar omongan orang lain dan sebagainya. Alhasil, kamu akan mudah merasa cemas, tidak percaya pada pasangan bahkan merasa dirimu tak pantas. Agar bebas insecure dalam hubungan, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menerima dirimu apa adanya

Bagaimana orang lain bisa menerimamu, kalau kamu sendiri tidak mencintai diri sendiri. Ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kekuraganmu, lalu kembangkan potensimu dan tingkatkan apa yang masih kurang. Kamu tak perlu merasa malu dengan kekuranganmu sebab setiap orang punya kelemahannya masing-masing.

2. Jujur tentang kekuranganmu

Kalau kamu tahu apa yang menjadi kekurangamu, jujurlah pada dirimu dan pasangan tentang hal itu. Bercerita tentang kekuranganmu pada pasanganmu akan membuatnya mengerti dan tahu bagaimana cara menghormatimu. Misalnya kamu merasa insecure dengan bentuk tubuh, warna kulit dan sebagainya. Kalau kamu menceritakan semuanya pada pasangan, setidaknya dia akan lebih menjaga sikapnya dan menjaga perasaanmu agar kamu tidak tersinggung.

3. Sadari bahwa semua orang punya kekurangan

Jika kamu merasa insecure dalam hubungan karena bentuk tubuh, keterampilan atau status sosial. Kamu perlu ingat bahwa tak manusia yang dilahirkan dengan sempurna. Sesempurna apapun kamu melihat orang lain, pasti ada saja kekurangannya. Jadi, tak ada yang membedakan kamu dengan mereka. Kamu hanya perlu fokus pada kelebihanmu dan mencoba mengembangkannya.

4. Jangan merasa bahwa dirimu tak berharga

Mungkin beberapa hal yang membuatmu merasa insecure dalam hubungan, seperti masa lalu yang kurang baik sehingga kamu merasa dirimu tak pantas. Padahal, hubungan yang kamu jalani saat ini berbeda dengan hubungan yang sebelumnya. Berdamailah dengan masa lalu dan berikan dirimu afirmasi yang positif.

5. Jangan dengarkan kata orang

Omongan orang itu tak akan bisa kita bendung tapi kamu bisa mengendalikan bagaimana cara menyikapinya. Mendengarkan saran dari orang itu boleh saja, karena kita tidak lepas dari kesalahan sehingga perlu diingatkan. Tetapi tidak semua hal yang kamu lakukan harus mendengarkan kata orang, sebab kamu berhak bahagia atas pilihan dan hidupmu.

Itulah sekian tips agar bisa bahagia menjalani hubungan dan bebas dari insecure. Semoga bermanfaat!

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading