7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Setelah Usia 30 Tahun

Febi Anindya Kirana10 Jan 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 10 Jan 2022, 15:45 WIB
perempuan dewasa

Fimela.com, Jakarta Bertambahnya usia mungkin menimbulkan banyak sekali pikiran berbeda di benak kita, mulai dari rasa syukur hingga rasa khawatir. Terlepas dari banyak tidaknya pikiran baik burukmu terhdap sesuatu setelah usia 30 tahun, ternyata dilansir dari Ideapod, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan perempuan setelah usia kepala tiga ini. Apa saja kesalahan tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Menerima toxic relationship

Salah satu kesalahan besar perempuan di usia ini adalah menerima hubungan cinta dan persahabatan saat ini walaupun negatif, dengan anggapan takut tak memiliki pasangan atau sahabat lagi di usia ini. Anggapan sudah telat untuk memulai pertemanan baru atau mencari pasangan baru sebenarnya merupakan batasan yang kamu buat sendiri. Ketika kamu tak berpikiran seperti itu, maka akan ada jalan untuk menemukan orang-orang yang lebih baik.

2. Membiarkan karier kandas karena keluarga

bahagia dewasa bekerja karier
ilustrasi perempuan mandiri/Photoroyalty/Shutterstock

Banyak perempuan memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya demi anak dan suami. Bisa jadi itu keputusan yang bagus jika dirimu ikhlas dengan keputusan tersebut atau keputusan itu datang dari hatimu sendiri. Tapi jika hanya akan ada sesal di kemudian hari, maka membiarkan kariermu kandas di tengah jalan adalah hal yang buruk. Memang akan sulit menemukan work-life balance dengan hal ini, namun sebelum kamu berusaha bertahan, jangan melepaskannya.

3. Mengabaikan kesehatan fisik

Semakin bertambah usia, tentu kesehatan fisik akan secara alami menurun meski kamu tak secara langsung merasakannya. Akan lebih bijak jika kamu membiasakan diri untuk rutin olahraga demi kesehatan tubuh. Menjaga pola makan untuk menjaga berat badan ideal serta risiko penyakit lainnya yang bisa ditimbulkan karena makanan.

4. Bersikap negatif karena tak menemukan cinta

bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

Di usia ini banyak perempuan merasa 'telat' dengan tuntutan masyarakat, apalagi jika bukan menikah? Kamu merasa sudah berusaha untuk menemukan pria yang tepat, tapi tak juga dapat. Karena kamu diliputi rasa kesal oleah banyak hal, kamu jadi bersikap 'persetan dengan cinta' dan emosi negatif lainnya. Sayangnya, sikat tersebut justru menghilangkan kecantikan alamimu dan membuat orang lain menjauh.

5. Mengabaikan masalah finansial

Tabungan dan investasi, tak pernah terpikirkan untukmu. Gajimu besar, semuanya tercukupi dan kamu puas dengan segala hal yang bisa kamu beli saat ini. Tapi bagaimana dengan masa depan? Bisakah kira-kira kamu hidup tenang ketika sudah tak bisa bekerja lagi? Menghamburkan uang saat ini memang mendatangkan kebahagiaan sesaat, tapi tak menjamin kedamaianmu di hari tua.

6. Tak pernah merawat kulit

zodiak perempuan dewasa
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Keriput di wajah dan kulit tubuh menjadi salah satu kekhawatiran yang paling sering dirasakan setiap perempuan. Jika sejak mudah tak suka merawat kulit, maka jangan heran jika sudah seperti usia 50 tahun di usia 40 nanti. Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya seperti makan setiap hari, tubuh butuh nutrisi agar bisa bekerja dengan baik. Begitu pula kulit yang akan menjaga kesehatan dan kecantikannya jika dirawat.

7. Berpikir masa depanmu berhenti di sini

Hanya karena usiamu menginjak 30 tahun bukan berarti kamu sudah tak bisa berkembang atau membuat perubahan besar di dalam hidupmu. Masa depanmu belum ditentukan, dan bahkan lebih banyak orang justru mengalami perubahan sepanjang hidupnya. Jadi tidak ada alasan untuk berpikir bahwa hidupmu berhenti sampai usia ini dan tak ada kesempatan untukmu melakukan apa pun.

Itu dia ternyata sekian kesalahan yang sering dilakukan perempuan di usia 30 tahun.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela