9 Cara Mengatasi Insecure Setelah Diselingkuhi dari Ahli

Anisha Saktian Putri19 Jan 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 07:30 WIB
Cara Mengatasi Insecure Setelah Diselingkuhi dari Ahli

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan memang menyakitkan, banyak efek yang dirasakan seperti rasa sakit, kemarahan, masalah kepercayaan, hingga insecure terhadap diri sendiri.

Tentu saja, sangat penting untuk mengatasi rasa insecure setelah diselingkuhi, apalagi jika ingin tetap bersamanya. Bahkan jika tidak, memproses perasaan ini penting untuk memastikan bahwa tidak membawa rasa insecure ke hubungan masa depanmu.

Untuk membantu berhenti menjadi paranoid setelah diselingkuhi, life coach Joie Bose membagikan beberapa tips dan wawasan yang dapat dilakukan.

Insecure sendiri merupakan kurangnya kepercayaan diri, dalam diri seseorang, pasangannya, hubungan. Untuk itu, berikut cara mengatasi insecure setelah diselingkuhi

1. Gali lebih dalam penyebab selingkuh

tanda pasangan berselingkuh
Apakah pasanganmu berselingkuh?/Copyright shutterstock.com/g/oliveerhc

Untuk mengatasi rasa insecure dan kecemasan setelah dikhianati, pertama dan terpenting, perlu menggali lebih dalam dan mencari tahu mengapa itu terjadi.  Sementara banyak ahli percaya bahwa itu bukan salahmu, jika menggali lebih dalam, dirimu akan menyadari bahwa mungkin telah berperan.

Apakah ada sesuatu tentang hubungan yang membuat pasangan merasa tidak bahagia, tidak puas atau tertahan?  Kedengarannya aneh, tetapi menerima bahwa ada yang tidak beres membantu memahami tindakan pasangan. 

2. Lakukan percakapan yang jujur

Untuk berhenti menjadi paranoid setelah diselingkuhi, berikutnya adalah melakukan percakapan yang terbuka dan jujur dengan pasangan untuk membantu mereka memahami bahwa mengakui bahwa ada masalah.  Bahwa mengerti bahwa itu nyata.

Kemampuan untuk berempati akan meyakinkan pasangan bahwa dirimu siap untuk memaafkan mereka dengan sungguh-sungguh dan selalu ada untuk mereka, apa pun yang terjadi.  Ini bisa menjadi langkah penting pertama dalam mencairkan es, membuka jalan untuk mengembalikan kepercayaan setelah selingkuh, dan akhirnya, memperkuat ikatan.

Tentu saja, tidak harus menerima kesalahan atas tindakan pasangan.  Jika di situlah mereka berada, harus mempertimbangkan kembali apakah perlu memberi kesempatan pada hubungan itu lagi. 

Alih-alih, tujuannya adalah untuk mengakui bahwa ada celah dalam ikatan yang memberi ruang bagi orang ketiga untuk masuk.

3. Komunikasikan

Untuk memahami apa yang salah dalam hubungan, penting untuk menanyakan pertanyaan yang tepat kepada pasanganmu yang tidak setia.

Bekerjalah sebagai tim untuk menyelesaikannya. Jika kesulitan mencari tahu caranya, pertimbangkan untuk menjalani terapi pasangan dan bekerja sama dengan seorang profesional.

4. Pastikan transparansi

pria selingkuh
ilustrasi pria selingkuh/copyright Ruslan Galiullin (Shutterstock)

Untuk mengatasi ketidakamanan setelah diselingkuhi, dirimu dan pasangan harus bekerja sama untuk menanamkan transparansi 100% dalam hubungan.  Ya, privasi dan ruang dalam suatu hubungan itu penting, tetapi saat ini fokusmu harus membuktikan bahwa tidak ada dinding dan kerangka yang menunggu untuk jatuh dari lemari dalam hubungan. 

Transparansi tidak hanya berarti saling mengatakan kebenaran tentang kejadian hari ini atau keberadaan, tetapi juga menjadi 100% jujur dan terbuka tentang emosi dan perasaanmu. 

Jika sebagai pasangan yang telah diselingkuhi, merasa sulit untuk memercayai sesuatu yang dikatakan pasangan, beri tahu mereka tanpa melontarkan tuduhan atau menyalahkan. 

Ini mungkin bukan hal yang paling mudah untuk dilakukan tetapi jauh lebih sehat daripada memeriksa ponsel atau akun media sosial mereka secara diam-diam. Demikian pula, jika kedekatan pasangan dengan seseorang atau perilakunya dalam situasi tertentu membuat merasa tidak aman, beri tahu pasangan. 

5. Ciptakan kenangan indah bersama

Untuk berhenti merasa tidak aman, harus berhenti berpikir untuk ditipu.  Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama dan menciptakan kenangan baru yang menyenangkan. 

Ambil hobi bersama dan luangkan waktu setiap hari atau minggu untuk mengejarnya. Jika menciptakan kenangan indah yang berharga secara konsisten, ini bisa menjadi penangkal yang efektif untuk paranoia dan terlalu banyak berpikir setelah diselingkuhi. 

Selain itu, pasangan tidak ingin merusak momen kebahagiaan.

6. Rangkul rasa insecure 

Dirimu telah diselingkuhi, kepercayaan Kepercayaan telah hancur.  Pada titik ini, mungkin berjuang untuk memahami dunia atau untuk memahami siapa atau apa yang harus dipercaya lagi.  Jadi, jangan berpura-pura seperti biasa.Hanya karena telah memilih untuk berdamai setelah perselingkuhan tidak berarti bahwa semua emosi yang muncul setelah pelanggaran semacam itu akan teratasi dengan sendirinya.

Terimalah jika diselingkuhi dapat mengubah hidupmu.Jawaban atas cara mengatasi rasa insecure setelah diselingkuhi terletak pada menerima dan menormalkan emosi yang jauh dari menyenangkan ini. 

Bicaralah dengan pasangan tentang perasaanmu.  Percaya pada seorang teman.  Jika mencari konseling, bicarakan dengan terapis.Rasa imsecire akan hilang seiring waktu.  Jika tidak ada yang lain, akan belajar mengelolanya dengan cara yang benar.

7. Jangan membebani pasanganmu dengan rasa bersalah

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Paranoia terus-menerus tentang selingkuh dapat membuat hubungan menjadi tempat yang tidak menyenangkan bagimu dan pasangan. 

 8. Pastikan pasangan tidak menghubungi selingkuhannya

Untuk berhenti menjadi paranoid setelah diselingkuhi, juga harus memastikan bahwa pasangan tidak lagi berhubungan dengan orang yang terlibat dengannya.  Mereka harus dikeluarkan dari persamaan dengan segala cara.

Jangan menerima memilikinya dalam hidupmu, dalam bentuk atau kapasitas apa pun. Tidak hanya pasangan, dirimu juga harus menutup semua jalan yang bisa mengarah ke mereka.  Memblokir mereka di media sosial adalah salah satu langkah yang dapat diambil untuk memastikan bahwa tidak menghabiskan malam tanpa tidur menguntit. 

9. Latih afirmasi positif

Perselingkuhan pasangan mungkin bukan kesalahan, tetapi pikiranmu akan mempermainkan untuk membuat percaya itu.  Keraguan diri, harga diri rendah, meragukan harga diri adalah manifestasi dari rasa tidak aman yang berasal dari kepercayaan yang rusak. 

Tapi ini bisa dilawan dengan cinta diri yang berlebihan.Untuk mengatasi kecurangan di masa lalu atau hubungan saat ini, latih afirmasi positif.  Katakan pada diri sendiri bahwa dirimu luar biasa, layak untuk dicintai.

#womenforwomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela