5 Alasan Mengapa Pertengkaran Kecil dapat Memperkuat Hubungan

Gayuh Tri Pinjungwati13 Jan 2022, 16:35 WIB
Diperbarui 13 Jan 2022, 18:33 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran adalah hal yang wajar terjadi dalam setiap hubungan, terlebih dalam pernikahan. Bahkan dalam hubungan yang sehat juga akan mengalami pertengkaran. Pertengkaran bisa membuat hubungan semakin kuat jika tidak melewati batas. Mengapa demikian? Mungkin kedengarannya tidak masuk akal, tapi dengan beberapa alasan ini kamu akan mengetahu bahwa sebenarnya pertengkaran kecil memberikan manfaat dalam hubunganmu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Tidak Menyembunyikan Opini

Hubunganmu pasti menjadi lebih kuat ketika kamu tidak menahan dendam dan malah mengatakan apa yang kamu rasakan dengan lantang di depan pasangan. Bahkan jika ada perbedaan pendapat, tidak ada yang disembunyikan. Kamu mengungkapkan apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu pikirkan. Tentu tidak ada yang kamu tutup-tutupi dari pasanganmu yang menjadikan hubungan transparan.

Keintiman

Banyak ahli yang mengatakan bahwa dengan saling berdebat keintiman dengan pasangan juga meningkat. Kalian akhirnya saling meminta maaf, menebus kesalahan. Ini membawa kalian berdua lebih dekat satu sama lain.

Membangun Kepercayaan

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/gowithstock

Ketika kita berdiskusi dan berdebat sedikit, kita tidak menyimpan rahasia, oleh karena itu kepercayaan tetap ada. Namun, jika dalam suatu hubungan tidak ada pertengkaran, ada banyak rahasia yang mengintai dan karena itu kedua pasangan akhirnya saling meragukan. Keduanya harus mendengarkan pendapat satu sama lain jika tidak, itu menjadi benar-benar tidak sehat.

Merasakan Lebih Baik

Ketika kita mengatakan apa yang ada dalam hati dan pikiran kita, kita cenderung merasa lebih baik. Bahkan jika kalian berdua berdebat, pada akhirnya terasa enak dan santai. Perdebatan yang sehat selalu baik dan pastikan kamu menyelesaikan masalah sebelum tidur.

Memperkuat Karakter

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/interstid

Setelah beberapa pertengkaran, kesabaranmu meningkat untuk menghadapi pasangan. Kamu mungkin tidak segera menyadarinya, tetapi ingatlah bahwa mungkin kamu menyadari betapa perhatian dan cintamu pada pasangan meningkat seiring waktu. Banyak orang bahkan menyesuaikan diri dengan orang lain untuk menghindari argumen yang tidak perlu.

Ketika konflik semakin memanas, cobalah untuk memberikan ruang kepada pasanganmu. Pikirkan dan diskusikan segala sesuatu dengan kepala dingin.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela