5 Alasan Tak Perlu Insecure dengan Mengecilnya Lingkaran Pertemanan

Endah Wijayanti14 Jan 2022, 14:14 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 14:14 WIB
insecure dan kuat

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang yang hadir dalam hidup kita akan menetap selamanya. Ada teman yang datang, ada pula yang kemudian menghilang. Bahkan seiring bertambahnya usia, kita akan mendapati lingkaran pertemanan yang makin mengecil.

Makin bertambah usia, makin sedikit teman yang kita punya. Bahkan mungkin teman yang akan kita jumpai itu-itu saja. Meskipun begitu, tak perlu merasa insecure dengan mengecilnya lingkaran pertemanan. 

1. Punya Waktu untuk Prioritas Hidup yang Lain

Lingkaran pertemanan mungkin menyempit, tapi hal itu bisa jadi pertanda baik. Sebab kita masih bisa punya cukup energi dan waktu untuk menyelesaikan prioritas-prioritas hidup yang lain. Bertambahnya usia membuat berbagai macam tanggung jawab ikut bertambah. Tak apa teman kita "itu-itu saja" sebab dengan begitu kita masih punya waktu dan energi untuk mengatur prioritas hidup lain yang lebih penting.

2. Terhindar dari Hubungan yang Toxic

sahabat makin dewasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/interstid

Biasanya teman-teman yang ada dan bertahan sampai saat ini adalah mereka yang memang terbaik untuk kita. Daripada menjalin pertemanan dengan banyak orang tetapi mereka ternyata toxic, lebih baik menjaga lingkaran pertemanan yang ada saat ini dengan sebaik mungkin. Tak apa jumlah teman kita sedikit tapi bersama mereka kita bisa menemukan kenyamanan dan kehangatan. Kita tak lagi memusingkan sebanyak apa teman yang kita punya, melainkan seistimewa apa keberadaan mereka dalam hidup kita. 

3. Terhindar dari Konflik yang Berlarut-larut

Meski Jarang Bertemu Tapi Kita Masih Sedekat Dulu, Sahabatku
Ilustrasi. (Foto: unsplash.com)

Bersama lingkaran pertemanan yang tak sebesar dulu, kamu bisa lebih tenang tanpa harus terlibat dalam pertengkaran yang berlarut-larut. Kalau pun ada masalah atau konflik, selalu dibicarakan dan diatasi bersama. Kamu terhindar dari konflik atau pertengkaran yang berlarut-larut. Hidup jadi terasa lebih lapang untuk dijalani karena tak harus mengikuti konflik atau masalah semua orang.

4. Bisa Meningkatkan Sikap Saling Menghargai

teman curhat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Jumlah teman dekatmu tak banyak, tapi mereka selalu saling menghargai kehidupan pribadi masing-masing. Jarang bertemu tapi masih bisa menjaga komunikasi yang baik. Masih bisa saling tanya kabar. Saling respek dengan prioritas sendiri-sendiri. Sehingga tidak ada rasa saling mengekang atau membatasi, sebab masing-masing sudah lebih dewasa dalam menjalani hidup dan tanggung jawab baru.

5. Bersama Sedikit Teman Bisa Saling Menguatkan

teman sahabat
Ilustrasi./Photo by alexandra lammerink on Unsplash

Saling menguatkan ketika terjatuh dan tetap saling menyemangati dengan pencapaian masing-masing. Bersama sedikit teman tetap bisa saling menguatkan satu sama lain. Bisa tetap saling mendukung impian masing-masing. Maka, tak perlu insecure dengan jumlah teman yang makin sedikit. Sebab kuatnya ikatan yang ada lebih indah daripada kuantitas teman yang ada.

Semoga ikatan pertemanan dan persahabatan yang masih kamu miliki saat ini bisa makin kuat, ya. Jaga baik hubungan yang ada, dan bahagia bersama.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela