5 Nasihat Pernikahan Bagi Pengantin Baru agar Hubungan Harmonis dan Langgeng

Gayuh Tri Pinjungwati17 Jan 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Pernikahan merupakan sebuah perjalanan baru yang kamu mulai dengan pasangan. Ini adalah awal di mana kamu dan pasangan memulai lembaran baru dan hidup bersama yang dimulai dari nol. Pernikahan dibubutuhkan kesabaran untuk menghadapi pasangan dimana kalian berdua harus saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pernikahan juga tidak hanya menyatukan dua orang, tetapi juga menyatukan dua keluarga. Lalu, bagaimana cara menjaga pernikahan agar langgeng dan bahagia? Yuk, simak beberapa nasihat penting di bawah ini.

1. Pahami Kompromi

Setiap pasangan yang ada akan memiliki konflik atau hambatan dalam hubungan mereka. Beberapa lebih parah dari yang lain. Hal nomor satu untuk menjadi tangguh dalam menghadapi kesulitan adalah memahami bagaimana berkompromi. Mampu memecahkan masalah bersama sangat penting untuk pernikahan yang langgeng dan kuat. Ini berarti mengetahui kebutuhan dan prioritas pasangan dan sebaliknya untuk berkomunikasi dengan jelas dan menemukan kesamaan. Kompromi sejati adalah duduk dan mendengarkan dengan pikiran terbuka satu sama lain sampai setiap orang merasa didengar dan dipahami, dan kemudian membuat keputusan bersama bersama.

2. Tunjukkan Emosi dan Jadilah Rentan

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Lewatlah sudah hari-hari ketika pria biasa menyembunyikan emosi mereka. Memahami dan selaras dengan perasaan dan emosimu dapat membantumu menunjukkan belas kasih kepada pasangan di saat terjadi konflik. Dengan menunjukkan kasih sayang pasangan, kamu menunjukkan bahwa kamu peduli dan menghormati pasanganmu. Kerentanan inilah yang menghubungkan orang dan membantu membentuk ikatan dasar dari hubungan jangka panjang. Jika kita tidak rentan, kita tidak terhubung. Dan jika kita tidak terhubung, kita tidak berada dalam hubungan yang nyata.

3. Percaya Sepenuhnya pada Pasanganmu

Kepercayaan adalah indikator utama dari pernikahan yang tangguh dan salah satu hal terpenting untuk tetap kuat dalam pernikahan. Kepercayaan bukan hanya tentang perselingkuhan, ini tentang mengetahui bahwa kamu aman, pikiran terdalammu terlindungi.

4. Tunjukkan Kasih Sayang Secara Fisik

couple di kasur
Ilustrasi/Shutterstock.com/pritsana

Hal terakhir yang kamu inginkan terjadi dalam pernikahan adalah merasa seperti kamu adalah teman seumur hidup bagi pasanganmu. Keintiman fisik adalah fondasi yang kuat untuk pernikahan yang bahagia dan itulah yang membuat ikatan berkembang dan tumbuh seiring berjalannya waktu. Keintiman membantumu merasa benar-benar dicintai dan diterima oleh pasangan dan meningkatkan loyalitas, kejujuran, dan penghargaan satu sama lain. Keintiman fisik membantu menghubungkanmu bersama dan membuatmu merasa diinginkan dan dicintai oleh pasangan.

5. Saling menghargai

Jika kamu merasa dihormati oleh pasangan dan sebaliknya, kamu akan menumbuhkan rasa aman dan percaya diri dalam pernikahanmu. Menghormati pasangan di masa-masa sulit dan dalam situasi sulit membantu pasanganmu merasa benar-benar dihargai dan dicintai. Ketika kita peduli dengan orang lain, kita menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Jadi, jika kamu tidak menghormati pasangan, kamu mengirim pesan bahwa kamu tidak peduli dengan mereka.

Pernikahan bukanlah akhir dari perjalanan hidup, justru ini menjadi jalan baru antara kamu dan pasangan untuk mengarungi kehidupan bersama. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela