Menciptakan Hubungan yang Hangat, Ini Kunci Pentingnya

Endah Wijayanti21 Jan 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 17:51 WIB
jatuh cinta bahagia bicara

Fimela.com, Jakarta Tiap pasangan punya cara sendiri dalam menjaga keutuhan hubungan. Cinta yang tulus adalah fondasi yang kuat, tetapi juga perlu diiringi dengan upaya untuk menjaga kehangatannya agar hubungan bisa langgeng dan harmonis. Kalau hubungan tidak lagi memberikan kenyamanan atau kehangatan, maka lama kelamaan hubungan akan makin renggang.

Bagaimana cara membangun hubungan yang hangat? Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, seni membina hubungan yang baik sama seperti duduk di depan perapian. Apa maksudnya?

 

 

 

Menemukan Keseimbangan

bridezilla dan restu mertua
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tawanlubfah

"Jika kita duduk terlalu dekat dan terlalu lama, kita akan kepanasan dan bisa terkena api. Jika kita duduk terlalu jauh, kita tidak bisa merasakan kehangatannya. Dengan demikian, tak peduli seberapa cocok kita dengan seseorang, jika kita menempel terlalu lama tanpa memberi kesempatan untuk saling menjaga jarak, kita akan merasa terkungkung dan bosan; mudah sekali untuk merusak suatu hubungan karena kita kesal tidak memiliki cukup privasi dan kebebasan," papar Haemin Sunim dalam bukunya tersebut.

Perlu adanya cukup privasi dan kebebasan dalam hubungan agar kehangatan bisa terjaga. Kunci pentingnya adalah menemukan keseimbangan. Ada keseimbangan dalam saling memberikan ruang ternyaman terkait privasi dan kebebasan tanpa saling mengekang.

Kesempatan Berjarak

bridezilla dan 35 tahun
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chawanakorn.s

Keseimbangan bisa didapatkan dengan memberi kesempatan untuk saling menjaga jarak. Misalnya, kamu dan pasanganmu menekuni hobi yang berbeda. Maka, boleh banget untuk saling memberi waktu dan kesempatan untuk bersenang-senang dengan hobi yang dimiliki. Tentu saja perlu diikuti dengan komunikasi yang terbuka. Ada kebebasan yang dihadirkan, dan ini bisa menambah kehangatan dan keharmonisan hubungan karena bisa bertumbuh bersama.

“I no longer believed in the idea of soul mates, or love at first sight. But I was beginning to believe that a very few times in your life, if you were lucky, you might meet someone who was exactly right for you. Not because he was perfect, or because you were, but because your combined flaws were arranged in a way that allowed two separate beings to hinge together.”― Lisa Kleypas, Blue-Eyed Devil

Sebuah hubungan bisa putus di tengah jalan saat tak ada keseimbangan. Bagi yang saat ini baru memulai sebuah hubungan, bisa coba untuk mengawali dengan komitmen ini.

Semoga hubungan yang sedang kamu bangun atau jalani bisa selalu hangat dan harmonis, ya. Bisa saling memberi ruang dan kesempatan untuk bertumbuh bersama. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela