Agar Hubungan Tetap Langgeng, Ini 6 Tips Menjalani LDR Bagi Pasangan Suami Istri

Gayuh Tri Pinjungwati26 Jan 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 16:28 WIB
pasangan ldr

Fimela.com, Jakarta Tidak heran bagi pasangan suami istri bahwa menciptakan pernikahan yang bahagia adalah kerja keras dan penuh tantangan yang harus mereka atasi. Namun, pasangan yang harus menghadapi tantangan mempertahankan hubungan meskipun pernikahan jarak jauh, bisa menjadi hambatan tersulit untuk diatasi dalam hubungan mereka.

Merasa terhubung adalah salah satu hambatan yang paling menantang untuk diatasi dalam pernikahan jarak jauh. Menurut sebuah penelitian, masalah tersulit yang dihadapi pernikahan jarak jauh adalah kurangnya perasaan terhubung dengan kehidupan sehari-hari pasangannya. Pemutusan hubungan ini menyebabkan penurunan keintiman dan dapat mengikis hubungan dari waktu ke waktu.

Lalu bagaimana cara menjaga hubungan pernikahan jarak jaub tetap berjalan dan berakhir bahagia? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Fokus pada Kualitas Komunikasi

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasangan jarak jauh mungkin lebih puas dengan komunikasi mereka daripada pasangan yang tinggal bersama, kemungkinan besar karena mereka tahu pentingnya komunikasi. Masalah pernikahan jarak jauh biasanya berakar pada komunikasi, sama seperti hubungan lainnya. Oleh karena itu, salah satu kunci hubungan jarak jauh adalah menjaga komunikasi satu sama lain.

2. Menyamakan Jadwal

perkara ldr
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@anthonytran

Variasi dalam pekerjaan, dan jadwal tidur serta perbedaan zona waktu dapat sedikit membebani pernikahan jarak jauh. Untuk tetap terhubung secara emosional dalam hubungan jarak jauh, prioritaskan jadwal kalian, sehingga kalian berada dalam kondisi terbaik saat berbicara satu sama lain.

3. Mengandalkan Lebih dari Sekadar Teknologi

Di era elektronik, kamu mungkin merasa lebih terhubung dengan orang yang kamu cintai saat kamu memutuskan sambungan dari teknologi. Menulis surat, mengirim puisi, merencanakan mengirimkan bunga untuk mereka, bisa jadi ide yang bagus.

4. Bagikan Detail Harian yang "Membosankan"

Terkadang yang paling kita rindukan adalah rutinitas sehari-hari di mana kita berbagi detail kecil yang tampaknya tidak penting. Bagaimana cara bertahan hidup terpisah dari pasangan? Sertakan satu sama lain dalam rutinitas sehari-hari, kirimi mereka pesan teks atau foto sepanjang hari, dan terus perbarui satu sama lain.

5. Hindari Komunikasi yang Berlebihan

Editor Says: Nyaman Mana, Pacaran LDR Atau Pacaran Satu Kota?
Ilustrasi pacaran LDR. (via: glitxmedia.co)

Berbagi detail setiap hari itu bagus, asalkan tidak berlebihan. Jika kamu ingin tahu bagaimana membuat pernikahan jarak jauh berhasil, fokuslah untuk berkomunikasi secara teratur tanpa membebani satu sama lain.

6. Bertemu Sesekali

Jika memiliki waktu luang atau setidaknya kamu bisa meluangkan waktu dari hari sibuk untuk mengunjungi pasanganmu. Pulanglah dan temui dia, kamu juga bisa membuat kejutan untuknya. Setidaknya, kalian dapat melepas rindu dan menikmati waktu bersama walau hanya sebentar.

Menjalani hubungan pernikahan memanglah sulit, tetapi itu adalah sebuah perjuangan. Jika kalian sama-sama dapat menjaga kepercayaan, tentu hubungan akan dapat bertahan selamanya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela