Sukses

Relationship

5 Cara agar Merasa Lebih Nyaman dan Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Kita semua mempunyai momen insecure dalam hidup kita. Apa pun yang kita miliki maupun tidak dimiliki seringkali bisa menjadi pemicu rasa insecure. Namun bagaimana caranya agar bisa merasa lebih nyaman dengan diri sendiri dan mampu mencintai diri sendiri? Dilansir dari Psychology Today, ini sekian cara merasa secure di dalam dunia yang penuh rasa insecure.

1. Lawan rasa insecure-mu

Ini adalah pertama dan paling utama jika tak ingin merasa insecure. Kamu harus memiliki keberanian untuk mengatakan bahwa apa yang kamu percayai tidak benar. Seringkali rasa insecure muncul tiba-tiba dan biasanya bersifat sementara, jadi belajarlah melawan perasaan suka meragukan diri sendiri yang kamu alami.

2. Rawat dan manjakan dirimu sendiri

Kalimat 'tidak ada yang akan mencintaimu dengan tulus selain dirimu sendiri' adalah ungkapan yang tepat jika ingin keluar dari rasa insecure. Prioritaskan dirimu sendiri, jaga, rawat dan manjakan dirimu dengan hasil kerja kerasmu. Itu tidak egois, itu adalah salah satu cara bertahan hidup.

3. Luangkan waktu melihat hal-hal baik yang terjadi di sekitarmu

Seringkali orang merasa insecure karena tak pernah melihat bahwa ada banyak hal-hal sederhana dan kecil yang lupa ia syukuri di kehidupan ini. Pernahkah kamu melihat seseorang sudah merasa bahagia karena sudah bisa sekolah, senang karena dibelikan makanan ketika sedang lapar atau berterima kasih karena sudah membukakan pintu saat tangannya membawa banyak barang? Sering-seringlah melihat sekeliling.

4. Memeriksakan diri secara fisik dan mental

Terkadang hanya mendengar bahwa kamu baik-baik saja dari seorang profesional medis akan menghilangkan rasa khawatir dan ketakutanmu. Seringkali yang kamu butuhkan adalah sugesti positif bahwa kamu baik-baik saja dari orang yang bisa dipercaya. Banyak orang memiliki gejala fisik stres ringan, tetapi semakin parah karena mereka khawatir jika memiliki penyakit lebih serius.

5. Mendekatlah pada orang-orang yang memberimu dukungan

Support system itu penting, untuk menentukan seberapa baik kamu bisa memandang dirimu sendiri di kehidupan ini. Jika dikelilingi orang-orang yang selalu mengkritik dan mendikte kamu seharusnya seperti apa, wajar jika kamu terus merasa insecure. Lebih seringlah bergaul dengan orang-orang yang mampu mendukungmu, bukan menjatuhkanmu.

Jadi, sudahkah kamu melakukan sekian cara di atas untuk mengatasi rasa insecure-mu Sahabat Fimela? Jika belum, lakukan sekarang!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading