Bikin Hubungan Lebih Harmonis, Begini 5 Cara Memahami Pasangan dengan Baik

Gayuh Tri Pinjungwati29 Jan 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 17:15 WIB
Partner romantis

Fimela.com, Jakarta Ada alasan mengapa pemahaman adalah salah satu kualitas terbaik dari pasangan yang baik dalam hubungan jangka panjang. Pemahaman juga memungkinkanmu melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Pemahaman juga dibutuhkan untuk memperkuat hubungan pernikahan.

Sebagai seorang kekasih, dirimu dan pasangan juga harus saling memahami satu sama lain. Ini dapat membantumu menjaga hubungan tetap bahagia dan langgeng. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memahami pasangan dengan baik.

1. Menerima Kekurangan dan Kelemahannya

Jika kamu dapat menerima kekurangan atau kelemahan tentang pasangan, maka kamu akan dapat memahami dia lebih baik. Jangan mudah marah. Setiap individu memiliki karakter, kebiasaan, dan sifat yang berbeda.

2. Meluangkan Waktu untuk Mengenal Pasangan Lebih Baik

Tantangan untuk mencoba memahami orang lain terletak pada ketidakmampuan seseorang untuk benar-benar melihat mereka tidak hanya sebagai pasangan tetapi juga sebagai manusia yang mampu merasakan perasaan dan emosi yang berbeda. Tidak mungkin untuk benar-benar belajar bagaimana memahami seseorang jika kamu tidak mengenal kekuatan, kegembiraan, ketakutan, dan juga ketidaksempurnaan mereka.

Sebagai pasangan, kamu harus meluangkan waktu untuk lebih mengenal pasangan. Mungkin butuh berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tetapi semuanya akan sepadan, terutama jika kamu ingin hubunganmu bertahan lama.

3. Jangan Pernah Memaksakan Ide dan Keyakinanmu Sendiri

Partner Romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/theshots.co

Tidak peduli seberapa besar kamu berpikir bahwa kamu lebih baik dari pasanganmu dalam hal pengalaman, kedewasaan, atau bahkan kecerdasan, jangan pernah memaksakan ide dan keyakinanmu sendiri. Melakukan hal itu hanya akan membuatmu buta dan tidak menyadari bagaimana perasaan mereka yang sebenarnya.

Jika kamu ingin menjadi pasangan yang pengertian dalam suatu hubungan, kamu harus menyadari bahwa menghormati keyakinan pasangan dan menerima keyakinan mereka sendiri sebagai bagian dari diri mereka, diperlukan jika kamu ingin menjaga ikatanmu lebih kuat.

4. Biarkan Menikmati Waktu Sendiri

Menjadi pasangan yang pengertian berarti mengakui bahwa hubunganmu bukanlah satu-satunya. Dengan kata lain, jangan paksa pasanganmu untuk menjadikan hubungan sebagai prioritas nomor satu mereka dan ini termasuk memberi mereka kebebasan untuk hidup dan bersenang-senang, bahkan jika kamu tidak ada di sampingnya.

5. Hormati Kebutuhan Pasangan Sebagai Makhluk Sosial

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PKStockphoto

Biarkan pasanganmu pergi keluar bersama teman-temannya atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Biarkan mereka bepergian sendiri dan menjalani hidup mereka sepenuhnya bahkan saat kamu tidak ada. Yang terpenting, biarkan mereka mengejar tujuan pribadi itu dan dorong mereka untuk pergi ke dunia luar dan mencapai impian terbesar mereka.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat membantumu menjadi lebih pengeritan kepada pasangan. Tentunya kamu dan pasangan harus bisa menghargai perbedaan masing-masing.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela