Sukses

Relationship

5 Cara Membangun Komunikasi Nyaman agar Hubungan Langgeng

Fimela.com, Jakarta Sudah sering kita mendengar bahwa komunikasi yang baik adalah kunci keharmonisan sebuah hubungan. Cuma tak sedikit yang masih bingung soal yang dimaksud dengan komunikasi yang baik itu seperti apa. Komunikasi yang baik bisa dibangun melalui sejumlah langkah sederhana.

Komunikasi yang dibangun dengan landasan kejujuran dan keterbukaan memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Berikut ini lima cara atau langkah yang bisa diambil untuk membangun komunikasi yang nyaman dalam hubungan. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Hargai Privasi 

Ada kalanya kita butuh waktu untuk menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri. Dengan keterbukaan dalam berkomunikasi dengan mengutarakan batas privasi masing-masing, kita tetap bisa mendapatkan waktu kita sendiri tanpa merasa mengkhianati atau mengabaikan pasangan. Begitu juga sebaliknya. Saat pasangan sudah saling memahami kebutuhan privasi masing-masing, maka komunikasi bisa terhindar dari prasangka atau rasa curiga berlebihan.

 

 

2. Terbuka dengan Latar Belakang Masing-Masing

Rasa nyaman bisa hadir ketika sudah bisa saling menceritakan latar belakang kehidupan masing-masing. Karena sudah bisa memahami karakter atau latar belakang satu sama lain, maka ketika saling berkomunikasi dan berbicara bisa terasa lebih mengalir. Ada rasa nyaman yang terbentuk dengan sendirinya karena sudah ada kedekatan yang dibangun melalui pengenalan latar belakang yang dimiliki.

3. Berbagi Rahasia-Rahasia Kecil

Berkomunikasi dan menyampaikan isi hati bisa bantu mencegah pertengkaran besar. Ketika sudah menyampaikan dan memberi ruang untuk privasi masing-masing, saatnya untuk berbagi rahasia-rahasia kecil. Berbagai hal-hal yang menyenangkan dan menjadi "rahasia bersama" seakan bisa menguatkan ikatan hubungan yang ada. Perasaan saling terhubung bisa meningkatkan kenyamanan masing-masing.

 

4. Utarakan Hal yang Disuka dan Tak Disuka

Dengan mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai, kita bisa lebih mudah menempatkan diri saat berupaya membangun kompromi bersama. Seperti soal bahasa cinta. Kita dan pasangan mungkin punya bahasa cinta berbeda. Maka, perlu untuk mengutarkan hal-hal yang disuka dan tak disuka terkait dengan cara mengekspresikan cinta.  Supaya bisa lebih mudah memahami keinginan masing-masing.

5. Ungkapkan Tujuan yang Ingin Dicapai Bersama

Fokus dengan hubungan yang dijalin saat ini. Ungkapkan tujuan atau impian yang ingin dicapai dan diwujudkan bersama. Dengan begini, keselarasan bisa tercipta. Komunikasi pun bisa lebih sejalan lagi. Dengan memahami hal tersebut setidaknya kita bisa lebih mudah fokus untuk membangun hubungan ke depan, dan bukan terbebani atau masih terjebak dengan hal-hal yang sudah terjadi pada masa lalu.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk membangun hubungan yang nyaman dengan pasangan. Semoga hubungan yang kamu jalin saat ini senantiasa langgeng dan harmonis, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading