Sukses

Relationship

5 Cara Tabahkan Hati saat Berulang Kali Gagal Membangun Hubungan

Fimela.com, Jakarta Berulang kali gagal dalam hal percintaan bisa membuat kita merasa kehilangan harapan. Sudah mencoba untuk membangun hubungan tapi selalu berakhir perpisahan pastinya membuat kita merasa sedih dan terpuruk. Pengalaman itu pun membuat kita merasa tak layak dicintai dan tak mampu mencintai dengan baik.

Meski berulang kali gagal dalam membangun hubungan, kita tetap perlu berusaha untuk memiliki hati yang kuat. Memiliki hati yang tabah dan tegar akan menghadirkan sumber kekuatan baru untuk melanjutkan hidup dengan lebih baik. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba agar tidak kehilangan semangat hidup meski berulang kali gagal membangun hubungan.

 

1. Sadari bahwa Ketidakpastian Itu Bagian dari Hidup

Mengutip buku Mengheningkan Cinta, "Seringkali ketidakpastian membuat kita takut melangkah. Dan, dasar tempat berpijak bisa lenyap dalam sekejap pun membuat kita enggan bergerak. Namun, memang pelajaran lebih dalam soal hidup ini, selalu ada pada saat kita jatuh." Terima kenyataan bahwa ketidakpastiaan itu bagian dari hidup, serta bagian dari upaya menjalin hubungan. Kalau masih berulang kali gagal, maka memang hubungan itu tidak baik untukmu.

2. Beri Waktu pada Diri untuk Pulih

Berulang kali mengalami kegagalan tak pernah bisa membuat kita terbiasa menghadapi rasa sakit dan lukanya. Selalu butuh waktu sendiri untuk sembuh dan pulih dari gagalnya dan berakhirnya sebuah hubungan. Jadi, izinkan diri untuk menenangkan diri tiap kali mengalami kegagalan.

3. Beri Porsi Cinta yang Lebih Banyak untuk Diri Sendiri

Sudah terlalu banyak cinta yang sudah diberikan ke orang lain. Kini, saatnya untuk mencurahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa membuat hati senang dan nyaman. Rawat kembali diri dengan sebaik-baiknya. Ketika bersedih sudah cukup, saatnya untuk tersenyum kembali.

 

4. Fokus Jalani Hari Ini

Kegagalan yang terjadi sudah berlalu. Sudah tertinggal di masa lalu. Kita yang masih bertahan dan masih berusaha kuat hingga saat ini pun sudah sangat istimewa. Saatnya untuk fokus jalani hari ini. Fokus melakukan hal-hal yang bisa diupayakan dan dimaksimalkan lagi demi kualitas hidup yang lebih baik.

5. Lapangkan Ruang di Hati

Saat hati kita terasa begitu sesak karena dipenuhi rasa sedih dan kecewa, saatnya untuk membuatnya lebih lapang lagi. Lapangkan ruang di hati untuk menerima pengalaman baru. Kalau ada ekspektasi yang belum bisa terpenuhi di hubungan yang sebelumnya, kini atur dan sesuaikan lagi ekspektasi tersebut. Kalau memang belum siap untuk kembali jatuh cinta, maka nikmati dan syukuri saja hari-hari yang masih bisa dijalani saat ini.

Semoga hatimu bisa lebih tabah dan kuat lagi ya. Yakin saja ada cinta yang lebih baik untukmu dan hadir di waktu yang paling tepat.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading