Sukses

Relationship

Menurut Penelitian, Ini Usia Paling Ideal untuk Menikah

Fimela.com, Jakarta Kapan waktu untuk menikah memang tidak ada batasan. Berapapun usianya, ketika sudah dewasa dan telah memenuhi syarat untuk menikah, seseorang bisa saja menikah. Ada orang-orang yang ingin menikah dan membangun keluarga di usia muda. Ada pula orang-orang yang ingin menikah di usia yang telah matang dan hatinya benar-benar mantap untuk membangun sebuah keluarga. 

Bicara mengenai usia menikah, melansir dari laman yourtango.com, penelitian menemukan jika ada usia paling ideal untuk menikah. Usia berapa kira-kira Sahabat Fimela?

Usia Paling Ideal untuk Menikah

Usia tersebut adalah di akhir 20an tahun. Peneliti menemukan jika orang yang menikah di usia 20 tahun hingga 29 tahun memiliki tingkat perceraian paling rendah jika dibandingkan dengan orang yang menikah di bawah usia 20 tahun atau pun di atas usia 30 tahun. 

Sementara itu, usia terbaik untuk seseorang menikah adalah usia 25 tahun. Hasil penelitian yang dilakukan para ahli di University of Utah menemukan jika orang-orang yang menikah di usia 25 sampai 26 tahun umumnya telah memiliki pemikiran yang matang serta dewasa. Orang-orang ini juga telah belajar kesetiaan dengan baik sehingga kecil kemungkinan untuk mengkhianati pasangan atau pun memutuskan bercerai dengan pasangannya. 

Pernikahan Dini Meningkatkan Risiko Perceraian

Peneliti juga menemukan jika pernikahan dini bisa memicu atau meningkatkan perceraian. Ini dikaitkan dengan pemikiran pasangan yang belum dewasa, kondisi ekonomi yang belum matang dan adanya risiko perselingkuhan lebih tinggi di usia awal 20an. Pernikahan dini juga berbahaya untuk kesehatan fisik pun psikis pasangan ke depannya karena sistem reproduksi keduanya belum matang. 

Sebuah studi terbitan Journal of Social and Personal Relationship tahun 2012 mengatakan bahwa 25 tahun adalah batas usia paling ideal untuk menikah. Sedangkan Biro Sensus AS tahun 2013 melaporkan jika usia ideal menikah adalah mulai usia 27 tahun untuk perempuan dan 29 untuk pria.

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading