Sukses

Relationship

5 Cara Mengetahui Apa yang Kita Inginkan dalam Cinta

Fimela.com, Jakarta Terkadang kegagalan cinta berulang kali bisa disebabkan oleh banyak alasan, salah satunya adalah kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hubungan cita. Ketika masalah ternyata ada pada diri sendiri, sudah saatnya kamu menghentikan rangkaian siklus putus-nyambung dengan siapa pun dan mulai mengenali diri sendiri lebih baik lagi. Bagaimana cara mengetahui apa yan kita inginkan dalam cinta? Coba lakukan sekian hal ini.

1. Menyebutkan apa yang tidak kamu sukai

Seringkali menyebutkan apa yang kamu sukai lebih mudah daripada apa yang tidak kamu sukai. Jadi putuskan dulu apa yang paling tidak kamu sukai dalam hubungan cinta, misalnya pria yang brewok, bertato, tidak rapi dan bersih, sulit mengendalikan kemarahan, suka menunjukkan perilaku kasar dan lain sebagainya. Dengan menetapkan batasan ini, kamu bisa menyeleksi pria yang kamu inginkan.

2. Cari tahu prinsip yang tidak bisa kamu kompromi

Tidak mungkin bisa menemukan pasangan yang akan berbagi nilai dan keyakinan hidup yang sama denganmu, tapi paling tidak kamu bisa menentukan mana saja yang tidak bisa kamu toleransi. Misalnya berpendapat bahwa perempuan harus mengurus rumah dan anak saja setelah menikah, semua pekerjaan rumah tangga dan memasak adalah tugas istri, dan lain sebagainya. Ketika tak bisa menyatukan prinsip yang esensial, sulit menyatukan yang lainnya.

3. Melihat pelajaran dari masa lalu

Pikirkan kembali hubungan yang kamu miliki di masa lalu, baik secara romantis, platonis/pertemanan dan kekeluargaan. Pertimbangkan faktor-faktor apa yang menyebabkan putusnya hubungan, apa yang membuatmu tidak puas dengan hubungan tersebut dan pertengakaran dengan alasan apa yang paling menyakitkan. Tuliskan pola negatif apa yang kamu temukan dari hubungan di masa lalu sehingga kamu tak perlu mengalaminya lagi di masa depan. Pertimbangan ini seringkali menjadi dasar masa depan pernikahanmu nanti.

4. Jadilah orang yang ingin kamu kencani

Ini adalah salah satu cara unik dalam memaksimalkan potensi diri sekaligus menemukan pasangan yang ideal dan kamu inginkan. Jika sudah menetapkan kriteria, maka wujudkanlah sifat-sifat yang kamu cari tersebut pada sendiri. Jika ingin pasangan yang sehat dengan perut six pack, rajinlah juga olahraga dan menjaga berat badan ideal. Jika menginginkan pria yang tidak cemburuan dan bisa memberimu kebebasan untuk menentukan apa-apa sendiri, maka jadilah perempuan yang juga tidak pencemburu dan bisa memberi kebebasan yang sama pada pasangan. Tidak masuk akal memiliki daftar tuntutan tanpa membuat perubahan itu pada diri sendiri.

5. Cintai diri sendiri lebih dulu

Jangan hanya mengemis cinta dari orang lain sementara kamu belum bisa mencintai dirimu sendiri. Segala baik buruknya sisi dirimu harus kamu terima, perbaiki, dan syukuri. Hanya perempuan yang bisa melihat dirinya secara positif yang akan menarik pria yang positif untuk datang. Jadi mulailah dengan bicara hal-hal yang baik tentang dirimu sendiri, merawat diri sendiri dengan baik, hindari menyesali masa lalu dan memandanglah masa depan dengan optimis.

Itu dia sekian cara menemukan apa yang kamu inginkan dari hubungan cinta. Coba praktikkan Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading