Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Relationship

Studi: Stres dan Kelelahan Bisa Menurunkan Gairah Seks Perempuan

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, hubungan intim atau seks telah menjadi kebutuhan pokok. Adanya hubungan intim yang berkualitas bisa membuat pasangan suami istri semakin cinta, mesra dan dekat secara fisik pun psikis. Hubungan intim yang berkualitas juga bisa membuat hubungan rumah tangga yang dibina semakin mengesankan. 

Meski hubungan intim dikatakan penting dalam pernikahan, melansir dari laman health.com, ada kalanya hubungan intim terasa hambar. Beberapa pasangan bisa saja mengalami penurunan gairah hubungan intim. Penyebabnya pun bermacam-macam. Dan penyebab paling umum adalah stres serta kelelahan.

Stres Menurunkan Gairah Seks

Para peneliti menemukan jika stres bisa menurunkan gairah seksual seseorang terutama perempuan. Stres juga bisa membuat tubuh merasa rentan lelah, suasana hati buruk dan tidak adanya semangat dalam melakukan aktivitas termasuk hubungan intim. Ketika seseorang merasa stres dan melakukan hubungan intim, ini bisa sangat mengganggu hubungan yang ada. Kualitas dari hubungan pun bisa sangat menurun akibat stres. 

Studi menemukan jika saat stres dan melakukan hubungan intim, perempuan akan rentan mengalami sakit di sekitar miss V. Ini karena stres menurunkan gairah yang ada. Stres juga bisa meningkatkan risiko seseorang tidak bisa mencapai orgasme atau klimaks saat berhubungan.

Kelelahan Memicu Stres Sehingga Menurunkan Gairah Seks

Pekerjaan rumah yang padat, aktivitas mengasuh anak yang cukup menguras tenaga dan emosi, serta pekerjaan-pekerjaan lainnya rentan membuat perempuan merasa sangat lelah. Para ahli menemukan jika kelelahan adalah pemicu stres paling umum. Dan jika seseorang sudah merasa sangat lelah ditambah suasana hati yang buruk juga stres, ini akan sangat berpengaruh pada gairah seksnya. 

Saat seseorang merasa stres, ini bisa menurunkan libidonya. Para ahli juga menemukan jika bukan hanya stres yang menurunkan libido. Masalah energi dan tidur, citra tubuh, kualitas hubungan, ketidakadilan gender, hingga masalah lainnya juga berpengaruh besar pada libido seseorang. 

Untuk mendapatkan kualitas hubungan yang baik serta mengesankan, penting bagi seseorang untuk memiliki waktu istirahat cukup dan mengelola stresnya dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading